Wajib Dicoba! 14 Makanan Timur Tengah yang Terkenal Mendunia


Nasi bukhari

Setelah fokus menjalankan ibadah umrah, tak tersedia salahnya lho bagi kalian untuk mengeksplor wisata kuliner di sana. Rasanya sayang sekali kecuali kalian melepaskan kenikmatan makanan timur tengah yang kaya akan rempah dan aroma lezat.

Apalagi di wilayah Mekkah dan Madinah, kalian akan menemui beraneka macam makanan khas Arab Saudi yang menggugah selera, juga makanan timur tengah. Jadi, di saat senggang sbobet indonesia saat jalankan umroh, kalian mampu nikmati kelezatan makanan timur tengah yang bisa saja jarang ditemui saat pulang ke Indonesia. Kira-kira, apa saja ya makanan timur tengah yang mampu dicicipi? Simak rekomendasinya di bawah ini, yuk!

1. Shawarma atau kebab

Siapa yang tidak mengetahui bersama makanan timur tengah yang satu ini? Popularitasnya udah mendunia, apalagi banyak pula orang berasal dari negara-negara lain yang menyukai kebab dikarenakan cita rasanya yang lezat.

Mungkin kalian sering lihat beraneka jenis kebab di Indonesia, namun rasa kebab atau shawarma yang asli tentu berbeda, kan? Jadi, tidak tersedia salahnya lho coba kebab saat tengah umrah atau singgah ke negara-negara Arab.

2. Nasi bukhari

Kalau dilihat berasal dari tampilannya, nasi bukhari nyaris sama bersama nasi kebuli dan biryani, namun ternyata tidak serupa lho. Nasi bukhari juga makanan timur tengah yang cukup tenar di kawasan Arab. Biasanya nasi bukhari di sediakan bersama ayam panggang dan sambal tomat yang asam dan pedas. Tak lupa, ditambah potongan mentimun dan selada segar sebagai pelengkap.

3. Samosa

Kalau kami lihat sekilas, makanan timur tengah yang satu ini tampilannya sama pastel goreng isikan daging ya, kalian? Ternyata di Arab Saudi dan negara timur lainnya disebut bersama samosa. Samosa merupakan snack atau camilan yang diisi oleh daging sapi, kambing, ayam, sayuran, telur, atau keju. Biasanya di sediakan sebagai makanan pembuka saat berbuka puasa. Persis layaknya kue pastel kan?

Baca juga:

3 Beda Nasi Mandhi dan Nasi Biryani, Makanan Khas Timur Tengah

Kelezatan Dari Kuliner Khas Estonia

4. Nasi biryani

Makanan timur tengah yang seterusnya adalah nasi biryani yang berasal berasal dari Persia. Ciri khas nasi ini yakni ukuran butiran berasnya lebih besar dan panjang, serta warnanya pun lebih kekuningan. Selain kaya akan rempah-rempah khas Timur Tengah, nasi biryani juga pakai tambahan yogurt di dalam pengolahannya lho. Unik, ya?

5. Nasi kebuli

Ibarat kakak adik, ternyata nasi kebuli juga tidak jauh tidak serupa bersama makanan timur tengah lain yang berbahan dasar beras, layaknya nasi bukhari, nasi biryani, mandhi, dan lain sebagainya. Yang tidak serupa yakni terdapat pada lauk yang digunakan, nasi kebuli ditambah bersama olahan daging kambing bersama rempah-rempah yang khas.

6. Roti paratha

Makanan timur tengah yang satu ini sering dibilang sama bersama roti maryam, padahal keduanya cukup tidak serupa lho, kalian. Jika roti canai biasa digoreng pakai minyak yang lebih banyak, saat roti paratha tidak memerlukan minyak untuk menggorengnya. Tekstur roti paratha juga lebih tidak tebal dan renyah, mampu di sediakan manis atau asin tergantung selera.

7. Falafel

Kalau kami lihat bentuknya, falafel ini sama layaknya bola-bola yang digoreng ya, kalian? Makanan timur tengah ini sesungguhnya fried ball atau bola-bola goreng yang terbuat berasal dari adonan hasil kacang tanah atau kacang fava, serta rempah-rempah khas negara Timur. Falafel juga makanan timur tengah yang mampu dimakan segera atau di sediakan bersama roti gandum (pita) dan beraneka jenis sayuran segar.

8. Haleem

Nah, kecuali makanan timur tengah yang ini sama di sediakan saat bulan puasa atau Ramadhan lho. Haleem adalah hidangan menyerupai bubur yang terbuat berasal dari gandum, lentil, dan daging. Selain disukai oleh sebagian kalangan di negara Timur Tengah, haleem juga menjadi favorit penduduk Hyderabad, India. Berani coba?

9. Mutabbaq

Makanan timur tengah yang sayang untuk dilewatkan yakni mutabbaq. Kalau di Indonesia, makanan ini mampu kami sebut sebagai martabak telor nih, kalian. Bedanya, di anggota tengah mutabbaq memuat telur, keju ricotta, dan potongan kambing, supaya saat kalian gigit atau potong, mutabbaq cenderung lebih creamy dan gurih.

10. Nasi mandhi

Namanya sesungguhnya lucu, kemudian bagaimana bersama rasanya? Eits, ternyata nasi mandhi juga tidak benar satu makanan timur tengah yang menjadi favorit banyak orang lho. Sekilas sesungguhnya nampak layaknya nasi biryani, namun rasa rempah-rempah pada nasi mandhi tidak begitu terasa. Supaya lebih nikmat, makanan timur tengah ini di sediakan bersama bersama taburan kismis dan ayam goreng atau panggang.

11. Tabbouleh

Berbeda bersama makanan timur tengah sebelumnya, ternyata tabouleh juga kuliner khas Timur Tengah yang isinya dominan sayuran segar. Tabbouleh adalah hidangan vegetarian khas Arab yang biasanya terbuat berasal dari potongan tomat, daun peterseli, daun mint, daun bawang, dan bulgur (sereal yang berasal berasal dari gandum utuh). Supaya jadi nikmat, biasanya tabbouleh dicampur bersama minyak zaitun.

12. Manakeesh

kalian tentu udah tidak asing bersama pizza khas Italia, kan? Ternyata di Timur Tengah juga tersedia makanan yang sama bersama pizza lho, yakni manakeesh. Namun, makanan timur tengah ini miliki topping yang tidak serupa berasal dari pizza pada umumnya, yakni keju putih bersama rasa asin atau keju jenis ackawi yang dikombinasikan bersama daging cincang, irisan tomat, mentimun, dan saus pedas.

13. Hummus

Ingin coba makanan timur tengah lainnya yang tak kalah sehat? Mungkin kalian perlu coba hummus. Hummus adalah makanan yang berbahan dasar kacang Arab yang dikombinasikan bersama bahan lain, layaknya lentini, tahini, minyak zaitun, garam, air lemon, dan bawang putih. Semua bahan tersebut dihaluskan, teksturnya layaknya bubur, namun sedikit lebih kasar.

14. Katayef

Satu kembali makanan timur tengah yang mampu kalian coba yakni katayef. Makanan yang satu ini sama layaknya pancake bersama tambahan isian yang beraneka ragam, menjadi berasal dari yang manis hingga yang asin. Biasanya makanan timur tengah ini banyak dijual saat bulan puasa sebagai takjil yang menggugah selera.