Tuntaskan Ultra Marathon 200 Kilometer, Pelari Veby Senopati Silam Pecahkan Rekor MURI

Veby Senopati Silam menorehkan prestasi apik sebagai pelaut niaga pertama yang sukses menuntaskan Ultra Marathon sepanjang 200 kilometer dalam Binloop Ultra 2024. Pria asal Palangkaraya, Kalimantan Tengah itu menuntaskan lari Ultra Marathon yang diselenggarakan pada 3 hingga 5 Mei 2024 di Ruko Kebayoran Square, Bintaro, Tangerang Selatan.

Berkat pencapaian tersebut, membikin pria berusia 35 tahun itu sukses pecahkan rekor MURI sebagai pelaut niaga pertama yang kapabel selesaikan kejuaraan Ultra Marathon.

Veby bercerita, bahwa alasan dirinya meniru kompetisi marathon slot server thailand super gacor sejauh 200 kilometer itu berawal dari hobinya yang suka mengerjakan olahraga lari. Selama berprofesi di kapal niaga sekitar 10 tahun, ia menentukan untuk beralih profesi menjadi dosen di salah satu maritim training center.

Berdasarkan Veby, di tengah aktivitasnya sebagai dosen ia mulai meniru sebagian kompetisi lari di Indonesia yang diawali dengan marathon lima kilometer. “Waktu itu jadi dosen di salah satu maritim training center namanya, nah jadi kesudahannya saya melowongkan waktu sambil ngajar sebab saya hobi lari saya ikut serta-ikut serta event lari.”

“Akhirnya dapet lah dari lima kilo, 10 kilo, dari AM hingga full marathon.”

Kemudian secara bertahap, Veby meningkatkan kemampuannya dengan menaikan level kompetisi marathon mulai dari jarak 10 kilometer, hingga 100 kilometer.

Bidik World Marathon Majors

Sempat terhalang sebab adanya masa pandemi, Veby menentukan untuk tetap berlatih secara rutin hingga dirinya memberanikan diri untuk meniru lari maraton dengan jarak tempuh tiga digit. “Akhirnya saya ikut serta event dari awal saya relay 50, terus saya upgrade lagi ke 100, terus 120, 160 baru langsung 200. Jadi bertahap, ga instan,” imbuh Veby.

Veby juga menceritakan, sebelum dirinya meniru Ultra Marathon di Bintaro, ia mengaku sudah meniru Tokyo Marathon 2024 yang masuk dalam Six Star World Marathon Majors. Dirinya mengatakan bahwa ia memiliki kemauan untuk dapat menuntaskan rangkaian Six Star WMM dan menjadi pelaut niaga pertama asal Indonesia yang rampungkan enam marathon dunia tersebut.