Sandiaga Disuguhi Masakan Raja Klungkung Festival Semarapura

Klungkung – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno dijadwalkan membuka Festival Semarapura ke-6 pada Pekan (28/4/2024). Sandiaga dan para tamu undangan akan disuguhi kuliner favorit raja-raja Klungkung tempo dulu.

“Pada pembukaan akan digelar gala dinner terhadap tamu utama, termasuk direncanakan Sandiaga Salahuddin Uno juga akan ikut. Menu yang disiapkan ialah makanan raja tempo dulu,” kata Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Klungkung selaku Ketua Koordinator Pelaksana Festival Semarapura ke-6, I Ketut Suadnyana, terhadap detikBali, Rabu (24/4/2024).

Menurut Suadnyana, suguhan kuliner raja itu sebagai arena promosi kekayaan kuliner di Gumi Serombotan-julukan Klungkung. Masakan tradisional itu diukur tidak kalah nikmat dan bermacam spaceman dengan daerah-daerah lain. Terpenting, Festival Semarapura sudah masuk dalam kalender Kharisma Event Nusantara (KEN) dari Kemenparekraf, sehingga semua sesuatunya semestinya dipersiapkan dengan matang.

“Seluruh dipersiapkan dengan bagus, nuansa daerah UMKM, panggung, parkir disiapkan dengan sebaik-pantasnya, termasuk sampah menjadi perhatian serius,” urai Suadnyana.

Dikala ini, persiapan festival yang digelar dalam rangka Hari Puputan Klungkung ke-116 dan HUT Kota Semarapura ke-32 itu terus dikebut. Dalam pembukaan acara, Sandiaga akan dipandu oleh Penjabat (Pj) Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya.

Pantauan detikBali, jalan masuk utama masuk kawasan Kota Semarapura sudah ditutup karena sedang ada pemasangan kemah-kemah. Mulai depan Puri Agung Klungkung, hingga ke timur di kawasan Untung Surapati.

Suadnyana mempersembahkan Festival Semarapura yang berlangsung selama empat hari itu akan dimeriahkan dengan bermacam acara. Salah satunya, pementasan Tari Lawang Balingkang. Kemudian, ada pula gelaran fashion show dan pameran ekonomi kreatif yang memberdayakan UMKM, termasuk sektor kuliner.

Festival juga akan dimeriahkan oleh artis-artis pop Bali. Di antaranya, ada Margi, Dek Arya, Tika Pagraky, Wira Krisna, Leeyonk Sinatra, Alien Child. Rencananya, penyanyi dan musisi nasional Marcello Tahitoe alias Ello juga akan mengisi acara