Resep Samosa Sayur Gurih dan Lembut


Samosa

Jakarta Ada banyak sekali takjil yang bisa disajikan saat buka puasa, salah satunya samosa. Samosa menjadi Slot777 salah satu camilan yang populer di banyak negara Islam seperti Arab dan India. Samosa pun ada banyak resep dan isiannya, ada yang isi daging ayam, daging sapi atau sayuran saja, kesemuanya tetap punya rasa enak dan gurih. Jika ingin mencoba membuat samosa versi sayuran, resep samosa kentang ini cocok untuk kamu coba di rumah.

Bahan:

  • 200 gram kentang
  • 100 gram wortel
  • 50 gram kacang polong (optional)
  • 2 batang daun bawang
  • 1 buah bawang bombay
  • kulit lumpia secukupnya

Bumbu:

  • 3 siung bawang putih
  • 1 sdm bumbu kari instan
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt bubuk cabai
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdt kaldu bubuk
  • 1/4 sdt kunyit bubuk

Bahan perekat kulit:

  • 1 sdm tepung terigu
  • 3 sdm air

Cara membuat:

  1. Kupas lalu potong-potong kentang. Cuci bersih lalu rebus hingga matang. Tiriskan lalu lumatkan hingga hancur tapi tidak sampai terlalu halus.
  2. Cincang wortel, daun bawang dan bawang bombay.
  3. Haluskan bawang putih, panaskan sedikit minyak lalu tumis hingga harum.
  4. Masukkan wortel, kacang polong, daun bawang dan bawang bombay. Tumis hingga matang. Jika wortel dan kacang belum empuk, bisa tambahkan sedikit air untuk membantu pemasakannya.
  5. Masukkan semua bumbu, aduk rata. Masukkan kentang, aduk rata. Angkat.
  6. Ambil kulit lumpia yang sudah dipotong-potong memanjang. Beri isian di ujung kulit lalu lipat segitiga, rekatkan dengan bahan perekat.
  7. Goreng hingga matang kecokelatan, angkat dan tiriskan.

Samosa sayur siap dinikmati dengan saus atau cabai rawit.

Pernah mencoba si segitiga yang kaya akan rasa ini? Sebagai jajanan yang cukup populer di Indonesia, ternyata samosa berasal dari negara lain, lho! Yup, resep samosa berasal dari Asia Tengah dan Timur Tengah, yang khusus paling populernya di India. Seperti halnya gorengan, samosa di negeri-negeri asalnya biasa diolah sebagai camilan rumahan. Di Indonesia sendiri biasanya kita dapat temukan di restoran-restoran Timur Tengah.

Samosa selalu dicirikan dengan gorengan berbentuk segitiga yang berisi daging, sayur, dan bawang bombay yang dimasak dalam kuah kari dan rempah lainnya. Hasilnya adalah camilan sore yang renyah di luar dan kaya rasa di dalam, cocok banget dinikmati sambil bersantai bersama keluarga. Agar makin seru, jangan lupa sajikan dengan segelas teh atau kopi juga sebagai pelengkap yang sempurna, ya!

Walaupun terlihat unik, resep samosa mudah untuk dibuat di rumah, kok. Cukup tumis bawang bombay, daging sapi, dan kentang, lalu bumbui dengan aneka rempah seperti kari dan merica. Tak lupa juga tambahkan Royco Kaldu Sapi yang menyimpan cita rasa menggoda. Kemudian. letakkan adonan isi di kulit pangsit, lipat menjadi bentuk segitiga, dan goreng dalam minyak hingga kecokelatan.

Gimana? Sudah penasaran ingin membuat langsung hari ini? Yuk, kita langsung ke dapur! Kalau ingin tahu resep camilan lainnya, langsung simak resep Pisang Nugget, Pastel Goreng, dan Martabak Telor.

Samosa adalah makanan khas Asia Selatan yang belakangan ini sedang populer di Indonesia. Sekilas samosa mirip dengan lumpia atau pastel goreng, dengan ragam isian yang juga hampir sama. Namun bedanya, samosa memiliki bentuk segitiga yang khas.

Camilan ini sangat cocok disajikan selagi hangat, dan disantap sebagai teman bersantai. Samosa juga cocok disuguhkan sebagai penganan dalam berbagai acara karena bentuknya yang praktis. Ditambah, makanan ringan yang satu ini juga cukup mengenyangkan.

Samosa juga dapat disimpan dalam waktu yang cukup lama di freezer sebagai frozen food atau makanan beku, cocok untuk camilan si kecil. Isi dari samosa pun bisa disesuaikan dengan selera jika Anda tertarik membuatnya sendiri. Mulai dari daring ayam, daging sapi, sosis, kentang, sayur, dan masih banyak lagi.

Baca Juga : https://www.srutatechnologies.com/hummus-makanan-sehat-khas-timur-tengah/