Resep Rice Bowl Bulgogi Korea yang Gurih Manisnya Enak


Beef bulgogi bowl

Rice bowl bisa jadi pilihan untuk https://lasantane.com/ makanan praktis. Seperti nadi dengan topping bulgogi Korea yang gurih manis. Semakin sedap dengan taburan wijen yang gurih.
Rice bowl merupakan hidangan komplet atau ‘one dish meal’, nasi diberi topping lauk yang bisa dimakan sekaligus. Sekali penyajian, sudah komplet nutrisinya. Di Jepang dikenal dengan nama ‘donburi’.

Nasi plus lauk bisa diberi topping ayam tumis, sayur tumis, seafood hingga tahu berbumbu. Prinsipnya gampang dimakan, tak perlu memotong atau mengupas. Tentu saja praktis dibuat dan disajikan.

SCROLL TO RESUME CONTENT

Kalau tak banyak waktu buat memasak, kamu bisa menyiapkan rice bowl bulgogi Korea ini. Irisan daging bisa dibeli siap olah sehingga makin mudah. Bumbu dan cara membuatnya bisa dilihat di resep berikut ini.

Nasi puth dengan topping daging bulgogi khas Korea ini praktis dan enak buat makan siang. Gampang dibuat dan mengenyangkan.

Durasi Tingkat Kesulitan Porsi
30 menit mudah 2 porsi
Daerah Asal Masakan : Korea
Kategori Masakan : nasi
Bahan Bahan
250 g sliced beef/daging has sapi iris tipis
3 sdm minyak sayur
30 g bawang bombay, iris tipis
300 g nasi putih
Bumbu Perendam:
3 sdm kecap Jepang/shoyu
1 sdm kecap manis
1 sdm pir/apel parut
1 sdt minyak wijen
2 siung bawang putih, parut
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt garam
Taburan:
1 sdt biji wijen
2 sdm daun bawang iris kasar
Cara Memasak Rice Bowl Bulgogi:
Taruh daging dalam wadah, tambahkan Bumbu Perendamnya. Aduk-aduk hingga seluruh bumbu tercampur rata dengan daging. Diamkan selama 15 menit.
Panaskan minyak, tumis bawang bombay hingga layu.
Tambahkan daging berikut perendamnya. Aduk-aduk hingga daging berubah warna, keluar jusnya dan daging matang lalu angkat.
Siapkan 2 buah mangkuk, isi dengan nasi. Beri masing-masing daging tumis.
Taburi biji wijen dan daun bawang lalu sajikan.
Baca juga:
3 Resep Rice Bowl ala Restoran yang Kekinian dan Gampang Dibuat
Daging sapi untuk rice bowl bulgogi. Foto: iStock

Tips membuat rice bowl bulgogi:
1. Daging sapi untuk rice bowl bulgogi bisa dipakai sliced beef yang banyaj dijual di supermarket. Atau iris melintang tipis daging sapi has dalam.
2. Untuk memberi rasa manis alami gunakan apel atau pir parut, jik Tk ada bisa diganti dengan 1/2 sdm madu.
3. Jika suka daging agak berkuah, tambahkan 100 ml air saat menumis.

Tinggalkan pengantaran dan siapkan resep siap pakai untuk Easy Beef Bulgogi Bowls yang disajikan dengan acar sayuran dan telur goreng.

Ini adalah definisi sebenarnya dari “makan dalam mangkuk”: Bulgogi daging sapi yang diasinkan , acar mentimun, kimchi pedas, dan telur goreng, semuanya disajikan di atas nasi. Makan siang, makan malam, dan/atau sisa makanan sudah selesai!

Rahasia sebenarnya dari Bulgogi yang layak restoran adalah mengiris daging sapi dengan sangat, sangat tipis . Semakin tipis, semakin cepat dimasak dan semakin empuk dan meleleh di mulut Anda.

Mengiris steak mentah pada suhu kamar bisa jadi sulit, jadi inilah triknya: Masukkan daging sapi ke dalam freezer selama sekitar 10 menit, lalu ambil pisau koki paling tajam dan mulailah mengiris. Pembekuan cepat membantu mengeraskan lemak, membuat steak lebih mudah diiris sesuai ketebalan yang Anda inginkan (yaitu TIPIS!).

Bumbunya ini membuat setiap elemen rasa keluar dari taman. Gurih (halo, kecap!), manis (saya melihat Anda, gula merah!), Asam (berteriak ke cuka anggur beras!) Dan sarat dengan rasa bawang putih, jahe. Semakin lama daging sapi direndam dalam rendaman, tentu saja rasa tersebut akan semakin menyengat, jadi jangan ragu untuk mencampur semuanya sehari sebelumnya dan hemat waktu persiapan Anda saat lapar memanggil!

Baca Juga : https://www.srutatechnologies.com/resep-bebek-peking-sederhana-khas-imlek/