Resep Kebab Makanan dari Timur Tengah Ala Rumahan


Kebab timur tengah

Jakarta Pernah mencoba kebab? Kebab merupakan salah satu makanan yang berasal dari Timur Tengah dan makanan satu ini berisi berbagai jenis makanan seperti daging, sayuran, dan saus. Pada umumnya kebab terbuat dari daging domba yang sudah dipanggang tetapi, sekarang banyak penjual yang menggantinya menggunakan daging sapi.

Penyajian dari kebab slot gacor hari ini sendiri sangat beragam dan sangat berbeda dari berbagai daerah. Di Indonesia sendiri kita sering menjumpai kebab di pinggir jalan maupun beberapa restaurant yang menjual kebab. Selain itu kita juga sering menjumpai berbagai macam rasa maupun jenis kebab di pasaran.

Pernahkah kamu mencoba untuk membuat kebab sendiri di rumah? Ternyata membuat kebab sendiri tidak terlalu sulit. Berikut adalah resep kebab yang dapat kamu coba di rumah:

Resep Kebab Turki

Bahan-bahan:

Bahan isi:

  • 200 gr dada ayam atau sapi cincang.
  • 2 bawang putih cincang.
  • 1 bawang bombay iris kecil.
  • 3 daun selada yang di potong kecil.
  • 1 sdm mentega.
  • 1 ruas jahe geprek.
  • 1 sdt garam.
  • 1 sdt lada.
  • ½ sdt ketumbar.
  • ¼ sdt jintan.
  • 1 timun yang dipotong.
  • Mayonnaise secukupnya.
  • Saus sambal secukupnya.
  • Saus tomat secukupnya.
  • 2 cabai besar yang sudah di potong.

Bahan isi:

  • 2 kulit tortilla.
  • 1 sdm mentega.

Cara Membuat Kebab Turki

  1. Langkah pertama siapkan teflon, kemudian masukkan mentega dan tumis bawang putih, bawang bombay, serta jahe hingga wangi.
  2. Kemudian masukkan ayam maupun daging yang sudah di cincang, tambahkan garam, lada, ketumbar, serta jintan.
  3. Masukkan cabai merah, saus sambal, dan saus tomat sesuai selera dan sisihkan.
  4. Lalu siapkan teflon, panaskan mentega serta masukkan kulit tortilla masak hingga setengah matang dan angkat.
  5. Selanjutnya susun isian diatas kulit dengan tumisan daging, selada, timu, mayonnaise, saus sambal, serta saus tomat.
  6. Kemudian gulung menggunakan tortilla.
  7. Langkah terakhir bakar kebab dengan teflon hingga kering, angkat dan sajikan.
  8. Kebab turki siap disajikan selagi hangat.

Itulah cara membuat kebab turki yang mudah dan dapat kamu coba di rumah.

Kamu tentu kenal baik dong dengan kebab?

Kebab adalah makanan asal Timur Tengah yang terdiri dari daging, saus, dan berbagai macam potongan sayur atau paprika. Di Indonesia, makanan yang akrab kita kenal dengan nama “kebab” dikemas dalam roti pipih alias flatbread.

Meskipun berasal dari kawasan Timur Tengah, saat ini kebab sudah sangat terkenal dan dapat kamu jumpai di berbagai belahan dunia. Bahkan, sekarang ada peringatan Hari Kebab Sedunia lho setiap tanggal 14 Juli!

Peringatan tersebut tentunya merayakan nikmatnya hidangan kebab, memperingati asal-usul kebab di daerah asalnya, serta merayakan kebab sebagai salah satu kuliner lezat yang dikenal dan disenangi di seluruh dunia.

Penasaran dong, seperti apa awal mula hadirnya makanan lezat yang satu ini sebelum merayakan Hari Kebab Sedunia? Yuk jelajahi bareng Ayomakan!

Mengenal sejarah Kebab dari Timur Tengah

Sebelum rayakan hari Kebab, kenalan dulu yuk sama Kebab itu sendiri. Terdapat berbagai versi mengenai asal usul kebab loh, namun berbagai sumber meyakini bahwa Kebab pertama menyebar di Timur Tengah dari Persia pada abad ke-8. Kebab pertama kali muncul sebagai solusi bagi warga Timur Tengah masa itu yang kekurangan minyak untuk memasak daging dalam jumlah banyak.

Solusi yang diambil adalah dengan memanfaatkan lemak daging sebagai pengganti minyak dalam memasak daging, sehingga masyarakat dapat mengurangi ketergantungan pada minyak masak ketika memasak daging.

Hal tersebut yang kemudian membuat kebab dikenal sebagai makanan khas dari Timur Tengah, terutama di Turki. Popularitas kebab meroket di abad ke-16 setelah diperkenalkan oleh tentara kesultanan Turki Utsmani. Konon, tentara Turki Utsmani akan menusukkan potongan daging ke pedang untuk dipanggang di atas api!

Konsep memasak tersebut kemudian memunculkan kuliner yang dikenal dengan nama shish kebab. Umumnya, hidangan shish kebab terdiri dari daging panggang yang ditusuk pada batang besi bersama potongan sayur dan paprika. Dalam perkembangannya, muncul berbagai varian kebab, termasuk doner kebab yang kemudian berkembang menjadi kebab yang kita kenal di Indonesia.

Kebab dapat diisi dengan berbagai pilihan daging, seperti daging ayam, ikan, domba, dan sapi. Kalau kamu sempat ke kawasan Timur Tengah atau Turki, cobain kebab di sana ya, karena cita rasanya akan jauh lebih kuat daripada kebab yang ada di Indonesia.

Masuk ke Jerman bersaing dengan burger

Meskipun kebab berasal dari Timur Tengah, kebab justru banyak disukai oleh masyarakat di Berlin, Jerman lho! Kebab dalam bentuk doner diperkenalkan imigran asal Turki yang datang ke Berlin sejak tahun 1960an. Kini tercatat ada sekitar 40.000 gerai doner kebab di Jerman, jumlah yang bahkan melebihi kedai kebab di Turki!

Kini, kebab telah menggeser burger sebagai makanan cepat saji yang paling diminati di Jerman. Dapat dibayangkan bahwa kemiripan antar kedua makanan tersebut membuat kebab dan burger bersaing ketat. Tak heran, kesuksesan kebab menjadi simbol kesuksesan masyarakat imigran Turki di Jerman.

Saat ini kebab sendiri sudah ada di seluruh dunia, termasuk Indonesia! Cukup mudah kok menemukan pedagang kebab di tanah air ini. Biasanya ada di pinggir jalan atau pun di kedai-kedai makanan, jadi gampang untuk rayakan hari Kebab kan di Indonesia.

Jenis-jenis kebab paling terkenal dari Timur Tengah

Jika kamu mengira hanya ada satu jenis kebab, dugaan kamu salah besar. Ada banyak jenis kebab dari Timur Tengah yang populer dan perlu kamu ketahui dalam memperingati Hari Kebab Sedunia ini. Simak jenis-jenisnya yuk:

1. Adana Kebab

Hidangan adana kebab ini terdiri dari daging cincang yang dipotong manual menggunakan pisau bentuk bulan sabit. Setelah dicincang, daging tersebut dicampur paprika dan garam.

Usai halus, daging cincang dipanggang dengan besi pipih dan panjang. Cara penyajiannya pun hanya diletakkan di atas roti pipih tanpa membalutnya. Unikkan guys apalagi kamu nikmati saat hari Kebab

2. Doner Kebab

Jenis kebab asal Timur Tengah ini paling sering ditemui. Pembuatan daging doner kebab ini menggunakan besi vertikal panjang yang di sisinya terdapat pemanggang. Daging yang sudah dibumbui kemudian disusun pada besi tersebut.

Setelah itu daging yang sudah matang diiris dari diletakkan dalam roti durum khas Turki. Tak lupa juga menambahkan berbagai jenis sayuran di dalamnya. Jenis satu ini sering sih kita temui yaa, tapi jadi kangen ga sih sama rasanya cobain yuk untuk rayakan hari kebab

3. Shish Kebab

Shish kebab adalah jenis kebab Turki dari Timur Tengah yang sangat terkenal. Makanan ini berupa potongan daging serta sayur yang ditusuk jadi satu dan kemudian dibakar, mirip seperti barbeque.

Dalam satu tusuk sate tersebut terdiri dari daging, tomat, paprika, dan sayuran warna-warni lainnya sehingga tampilan kebab jadi lebih menarik. Shish kebab kemudian dimasak menggunakan penyangga tusukan agar daging tak bersentuhan langsung dengan api. Sumpah baru tau kan, ada kebab jenis ini? Yuk cobain pas hari kebab

Santap Hidangan Kebab Turki di restoran untuk merayakan Hari Kebab Dunia 

Untuk ikut merayakan Hari Kebab Sedunia yang jatuh pada tanggal 14 Juli, kamu bisa mencoba berbagai hidangan kebab yang disajikan di restoran yang menjual kebab. Kalau kamu bingung tempatnya, kali ini Ayomakan sudah sajikan rekomendasi tempat jual kebab yang bisa dikunjungi!

1. Merhaba Kebab

Rekomendasi pertama untuk rayakan hari Kebab sedunia adalah Merhaba Kebab yang lokasinya ada di Bandung. Kebab yang satu ini bisa bikin kamu puas banget menyantap kebab karena ukurannya yang sebesar lengan tangan manusia. Waw, kenyang banget pasti!

Di dalamnya pun terdapat isian daging dan sayur yang sangat melimpah. Nah selain ada kebab daging, mereka juga menawarkan menu unik yakni kebab manis yang diisi marshmallow, cokelat, keju, dan kacang.

Lokasi: Jl. Buah Batu No. 224, Bandung

Jam operasional: 09.00 – 24.00 WIB

Harga: Rp15.000 – Rp27.000

2. Istanbul Kebab & Pide Turkish Pizza

Selanjutnya untuk merayakan hari Kebab ada Seorang mantan chef Turki membangun bisnis kebab Turki di Indonesia yang diberi nama Istanbul Kebab. Beda dari yang lain, ia menjual kebab di Indonesia dengan rasa rempah yang kuat, original khas dari Turki.

Rempah dari kebab tersebut yang membedakan kebab-kebab di tiap daerah. Bagian dalam kebab diisi layaknya kebab pada umumnya, seperti selada, tomat, irisan bawang bombay, daging, hingga saus.

Baca Juga : https://www.srutatechnologies.com/resep-banitsa-kue-keju-tradisional-bulgaria/