Resep Falafel, Snack Tradisional Khas Negeri Piramida


Falafel

Falafel merupakan kuliner khas Timur Tengah terpopuler dan lezat lainnya yang bisa kamu cicipi. Falafel ini dibuat dari campuran kacang arab, tepung terigu, dan bumbu khas Timur Tengah. Setelah bahan tercampur rata kemudian akan diproses dengan digiling dan dibentuk bulat-bulat, sebelum akhirnya digoreng.

Penyajian makanan khas Timur Tengah ini biasanya dibungkus dengan roti berbentuk tipis yang disebut lafa. Umumnya, Falafel dinikmati bersamaan dengan isian seperti asinan, selada, acar, saus peas, atau saus yogurt.

Mesir merupakan negara yang dijuluki sebagai Negeri Piramida. Negara ini juga terkenal dengan kuliner tradisionalnya yang lezat dan kaya akan rempah. Salah satunya adalah falafel, hidangan dengan bahan utama kacang arab.

Yuk, coba buat di rumah lewat resep mudahnya di bawah ini. Selain itu disini kami juga akan sedikit membahas tentang permainan jud online yang tersedia di link situs slot zeus

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Bahan-bahan:

  • 1 cangkir kacang arab, rendam semalaman
  • 3 siung bawang putih
  • 2 sdm tepung kacang arab
  • 1/2 buah bawang bombai, cincang kasar
  • 1 ikat peterseli, cincang kasar
  • 5 sdm ketumbar, cincang kasar
  • 1 cabai jalapeno hijau kecil
  • 1 sdt jintan
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt soda kue
  • 1/2 sdt kapulaga
  • 1/4 sdt lada hitam bubuk
  • Minyak secukupnya untuk menggoreng

2. Haluskan semua bahan

Langkah yang pertama, masukkan semua bahan ke dalam food processor, kecuali soda kue dan tepung kacang arab. Haluskan beberapa kali hingga tekstur adonan menyerupai pasir kasar.

3. Dinginkan di dalam lemari es

Sebelum didinginkan, pindahkan adonan yang sudah halus tadi ke dalam wadah besar. Tambahkan tepung kacang arab dan soda kue. Aduk hingga semua bahan tercampur secara merata. Kemudian, masukkan ke dalam lemari es selama tiga puluh menit.

4. Bentuk adonan menjadi bola-bola kecil

Selanjutnya, bentuk adonan menjadi bola-bola kecil dengan menggunakan tangan. Apabila teksturnya terlalu basah, tambahkan sedikit tepung kacang arab. Apabila terlalu kering, kamu bisa menambahkan sedikit air.

5. Goreng falafel dan sajikan

Setelah semua adonan sudah dibentuk, tuang minyak goreng di dalam panci. Panaskan minyal hingga kira-kira 350 derajat fahrenheit. Goreng falafel selama satu hingga dua menit hingga warnanya menjadi coklat keemasan. Sajikan bersama dengan saus tahini.

Falafel adalah sebuah makanan Timur Tengah. Makanan ini dibuat dari kacang Arab yang digiling dan kemudian dipadatkan dan dibuat bola-bola kecil lalu digoreng menggunakan minyak panas.

Falafel biasanya disajikan di dalam sebuah roti pipih mirip pita yang disebut lafa. Di banyak negara, falafel dijual sebagai makanan siap saji yang populer. Bola-bola falafel biasa ditambahi dengan selada, asinan dan acar sayuran serta saus pedas. Pada bulan Ramadan, falafel sering dimakan sebagai hidangan buka puasa.

Etimologi

Kata Falāfil (bahasa Arab: فلافل) adalah sebuah bentuk plural dari Filfil (فلفل), yang artinya “lada”. Kata itu sendiri menyebar dan digunakan dalam bahasa lainnya seperti pilpil (پلپل) dalam bahasa Persia, dari kata Sanskerta pippalī (पिप्पली), yang artinya “lada panjang”; atau sebelumnya *filfal, dari kata Aram pilpāl, yang artinya “sesuatu yang berbentuk bulat dan kecil, jagung lada,” yang berasal dari kata palpēl, yang artinya “dijadikan bundar, gulungan”. Dalam asal muasalnya, falafel artinya “penggulung, bola-bola kecil.”

Sejarah

Asal muasal falafel tidak diketahui dan kontroversial. Sebuah teori umum menyatakan bahwa hidangan tersebut berasal dari Mesir, diyakini disantap oleh Koptik sebagai pengganti daging saat Prapaskah. Karena Iskandariyah adalah kota pelabuhan, hal tersebut memungkinkan hidangan tersebut dan namanya diekspor ke kawasan lainnya di Timur Tengah. Hidangan tersebut kemudian bermigrasi dari kawasan utara ke Levant, dimana kacang arab diganti kacang fava. Hal tersebut menspekulasikan bahwa sejarahnya bermula pada zaman Firaun Mesir.

Baca Juga : https://www.srutatechnologies.com/nasi-kebuli-kambing-arab-betawi/