Pernah Mencoba Dondurma, Es Krim Turki yang Disajikan dengan Berbagai Atraksi?


Es Krim Dondurma

Apa rasa es krim kesukaan teman-teman yang selalu dipilih ketika membeli es krim?

Es krim yang terbuat dari susu memang menjadi makanan yang disukai banyak orang, baik anak-anak maupun orang dewasa. Selain rasanya yang banyak dan menyegarkan, es krim juga terdiri dari berbagai jenis, seperti sorbet maupun gelato.

Banyak negara yang juga memiliki jenis es krimnya masing-masing, lo. Misalnya ada es krim mochi dari Jepang, granita yang merupakan es krim parut dari Italia, atau es krim gulung dari Thailand.

Turki juga mempunyai es krim khas dari negaranya, yaitu dondurma yang mempunyai tekstur unik judi bola parlay dan berbeda dari es krim lainnya. Tidak hanya teksturnya yang unik, cara penyajian dodurma juga unik, teman-teman, karena ditambah dengan pertunjukan berbagai atraksi.

Selain memiliki destinasi wisata yang https://htarcheryonline.com/ cantik, Turki juga merupakan negara dengan banyak keunikan. Salah satunya, es krim Dondurma atau lebih dikenal dengan es krim Turki.

Meski hanyalah sebuah es krim, namun yang satu ini sangat berbeda dengan jenis es krim pada umumnya. Para pembeli yang ingin menikmati rasa es krim Dondurma ini sering dibuat kesal. Pasalnya, si penjual es krim akan melakukan atraksi terlebih dahulu.

Fakta Menarik Tentang Es Krim Dondurma dari Turki

1. Penampilan Penjual Es Krim dengan Kostum Unik

Ketika ingin membeli es krim Dondurma, kamu pasti akan melihat penampilan penjualnya dengan kostum unik serba merah khas Turki. Mereka juga mengenakan topi dan rompi dengan aksen manik-manik. Para pengunjung juga akan disambut ramah dengan tingkah jenaka si penjual.

2. Punya Banyak Varian Rasa

Es krim Turki disajikan dengan cone atau biskuit renyah berbentuk kerucut. Soal rasa, tidak diragukan lagi. Es Dondurma memiliki beragam varian rasa. Ada cokelat, vanilla, dan stroberi.

3. Dibuat dari Getah Pohon Pegununungan

Salah satu keistimewaan es krim Dondurma dibandingkan es krim lainnya adalah bahan yang digunakan. Es krim Dondurma dibuat dari susu, gula, dan mactic (pohon khas Turki yang tumbuh di daerah pegunungan), serta taburan tepung dari bunga anggrek. Getah pohon mactic dan ekstrak bunga anggrek inilah yang membuat tekstur es krim Dondurma lebih lengket dibanding es krim pada umumnya.

4. Atraksi Unik dari Penjual

Bagi kamu yang pertama kali mencoba es krim Turki ini, mungkin akan merasa dikerjai karena menghadapi tingkah iseng para penjualnya. Si penjual akan melakukan atraksi dan si pembeli harus berusaha merebut es krim itu dari tangannya. Tapi jangan kesal dulu, karena sebenarnya disitulah keunikan dari es krim Dondurma.

5. Disajikan Sebagai Menu Penutup di Acara Keluarga

Es krim Dondurma berasal dari kota Kahramanmaras di Turki. Bagi penduduk lokal di sana, es krim ini disajikan sebagai hidangan penutup wajib di setiap acara keluarga.

Rahasia Dondurma yang Lentur

Tekstur es krim dondurma yang lentur dan bisa ditarik seperti adonan roti merupakan ciri khas yang paling terkenal dari es krim Turki ini.

Ternyata lenturnya es krim dondurma berasal dari rahasia bahan baku yang ditambahkan dalam pembuatannya, teman-teman.

Untuk membuat dondurma, penjual menambahkan dua bahan, yaitu salep dan damar wangi, nih, teman-teman. Namun salep yang digunakan bukan salep yang biasanya dioleskan ke tubuh kita, kok, tapi tepung atau bubuk yang berasal dari tanaman.

Salep yang digunakan untuk membuat dondurma menjadi lentur dan bisa ditarik-tarik berasal dari akar anggrek yang sudah ditumbuk dan bisa membuat adonan es krim mengental.

Sedangkan damar wangi adalah resin atau zat padat sangat kental yang berasal dari tanaman.Nah, damar wangi inilah yang membuat dondurma menjadi lentur dan elastis sehingga bisa ditarik-tarik seperti adonan roti.

Baca juga: https://www.srutatechnologies.com/7-makanan-khas-yaman-yang-layak-dicoba/