Menlu Retno Kembali Kecam Kekejaman Israel, Kali Ini di Forum G20

Menteri Luar Negeri RI Retno slot jepang Marsudi atau Menlu Retno kembali mengecam agresi militer Israel di Jalur Gaza. Ia menyuarakan isu Gaza dan mengecam kekejaman Israel di lokasi kantong Palestina itu dalam Pertemuan Menlu G20 di Rio de Janeiro, Brazil, pada Rabu, 21 Februari 2024.

“Isu ini perlu untuk diangkat di G20, mengingat semua negara bagian selalu Dewan Keamanan (PBB) juga merupakan bagian G20,” kata Menlu Retno dalam pengakuan persnya, Kamis, 22 Februari 2024.

Dia menyebutkan bahwa kekejaman Israel di Gaza yang sudah berlangsung sepanjang 138 hari sudah melampaui segala logika pembenaran. Lebih berasal dari 29.000 warga Palestina dan ratusan orang di Tepi Barat sudah dibunuh oleh Israel.

Warga Gaza disebutnya hadapi ancaman genosida dan hidup dalam neraka kekejaman Israel. Tak ada tempat kembali bagi masyarakat Gaza untuk melarikan diri, tidak ada akses untuk keperluan sehari-hari dan tidak ada harapan bagi mereka.

“Saya tegaskan kepada negara-negara G20, bahwa ini bukan cuma bencana kemanusiaan, namun mimpi tidak baik geopolitik (geopolitical nightmare). Tidak cuma itu, pengaruh berasal dari perang ini juga sudah meluas kemana-mana dan mengancam stabilitas dan juga keamanan global,” kata Menlu Retno.

Di dalam pertemuan G20, Retno menegaskan upaya dengan yang wajib dilaksanakan untuk merespons kondisi di Gaza. Pertama adalah mendorong gencatan senjata permanen dengan segera, bagaimanapun caranya.