Mencicipi Kuliner Lezatnya Aneka Hidangan Gurame di Kafe Bale Timoho

Pantas slogannya “Guramenya Jogja” restoran ini memang mempersembahkan sajian gurame sebagai menu andalan.

Kafe hal yang demikian bernama Bale Timoho, yang berlokasi di Jl. Ipda Tut Harsono No. 58, Muja Muju, Umbulharjo, Kota Yogyakarta.

Di sini terdapat puluhan kuliner gurame yang bisa kau coba.

Kelezatannya juga sudah ternyata bisa membuat lidah kau bergoyang.

Untuk sebagian menu gurame yang menjadi unggulan di restoran yakni Gurame Bakar Bale Timoho.

Menu gurame ini mempunyai bumbu yang kaya rempah, bercita rasa manis, gurih, dan sedikit pedas.

Ada juga Gurame Crispy Asam Manis slot min depo 5k yang familiar gurih, digoreng kering dengan racikan bumbu khas Bale Timoho, lalu disajikan dengan saus asam manis.

Kamu bisa memilih ukuran ikan gurame yang akan disajikan, antara besar dan medium.

Untuk satu porsi ikan gurame bakar yang berukuran medium bisa disantap hingga empat orang.

Bila kau berharap berkunjung ke Bale Timoho bisa datang pada pukul 09.00-21.00 WIB

Menikmati ikan gurame (gurami) dengan bumbu tebal memanglah sedap. Umumnya ikan disiram dengan kuah asam-manis. Tapi tak dengan hidangan ikan gurame ala rumah makan yang berlokasi di Ciputat satu ini.

Ikannya dibakar, lalu diberi bumbu asam, pedas, nan gurih santan. Ya, seperti bumbu ikan bakar ala Padang. Hmm…serba sedap.
Hidangan ini aku dapatkan kala berkunjung ke rumah makan legendaris ‘Serba Enak.’ Lokasinya tak jauh dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (UIN). Dari dulu pertama kali dibuka pada tahun 1973, letaknya tak pernah pindah.
Tempat makan ini adanya di dalam gang. Masuk sedikit, barulah kau akan menemukan rumah makan sederhana, lengkap dengan kolam ikan.

Asri dan teduh, seperti itu suasana yang langsung aku rasakan dikala hingga di tempat makan ini. Agak ke belakang sedikit, ada kolam tempat gurame-guramenya disimpan, dan adapula empang dengan air kehijauan.
Meja dan kursi makannya juga tak banyak. Barang kali cuma ada sekitar enam meja saja. Kapasitas toko makan juga cuma cukup untuk 20 orang. Tapi, lantaran pandemi, mereka kini menerima tamu untuk tiga meja saja.