Makanan Lezat Khas Papua Yang Sangat Disukai Saat Berkunjung

Papua diketahui dengan berjenis-jenis tempat tamasya yang luar biasa indah. Sebut saja Raja Ampat, Danau Sentani, atau Taman Nasional Lorentz yang diakui sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO. Layak sekali untuk tempat berlibur melepas penat. Tetapi, tamasya Teman pasti tak akan lengkap tanpa mencoba makanan khas Papua.

Bingung berkeinginan coba makanan apa saja? Berikut kami rangkum sebagian makanan khas Papua yang wajib Teman coba.

Udang Selingkuh

Mendengar namanya saja sudah memantik rasa penasaran, ya, Teman?

Menu ini ialah hidangan khas Wamena. Dinamakan udang selingkuh karena capitnya yang mirip dengan kepiting. Makanya, warga lokal menyebut udang ini hasil perselingkuhan udang dan kepiting. Lucu, ya?

Udang yang biasa ditemukan di Sungai Baliem, Danau Paniai, Danau Tage, dan https://appletonhomeinspector.com/ Danau Tigi ini sebenarnya termasuk macam lobster. Sebelum dimasak, warnanya biru. Tetapi akan berubah menjadi merah sesudah direbus.

Dagingnya sendiri memiliki tekstur seperti lobster. Padat, lembut, juga berserat. Rasanya dapat dibilang cukup unik. Daging udang selingkuh ini terasa gurih dan sedikit manis. Oleh karena itu, layak sekali dimasak dengan memakai bumbu asam manis.

Teman khas yang satu ini cukup populer di Papua, lho. Bagi Teman yang akan mengunjungi Papua, jangan lupa tempatkan makanan sedap nan bergizi ini di dalam daftar teratas masakan yang wajib dicoba, ya!

Ulat Sagu

Apabila yang ini, masakan khusus untuk penyuka makanan ekstrim.

Mungkin Teman bosan dengan masakan yang biasa-biasa saja? Ulat sagu dapat jadi pilihan yang layak.

Teman dapat memilih, makan ulat sagu mentah, atau diolah dengan digoreng, dibakar, atau diciptakan sate.

Sedangkan bagi yang tak terbiasa masakan satu ini terkesan menggelikan, namun masyarakat Papua percaya jika ulat sagu dapat memberikan manfaat bagi tubuh.

Dan memang itu tak salah. Ulat sagu memiliki kandungan protein yang tinggi, dapat meningkatkan kekebalan tubuh, dan mengandung berjenis-jenis macam asam amino yang dapat berkhasiat untuk meningkatkan kualitas tidur.

Beratensi untuk mencoba makanan khas Papua ini?

Sarang Semut

Untuk makanan khas Papua yang satu ini, berlaku pepatah don’t judge a book by it’s cover. Namanya memang sarang semut. Tetapi sebenarnya ini bukan sarang semut sungguhan kok, Teman!

Sarang semut sebenarnya ialah tumbuhan yang hidup di tumbuhan lain. Memang, sih, penampilannya amat mirip dengan sarang semut yang berongga-rongga dan seperti labirin. Tidak heran masyarakat Papua menamainya demikian.

Penyajian sarang semut umumnya dikerjakan dengan mencampurkannya bersama bahan makanan yang lain. Selain sebagai santapan, sarang semut juga biasa diseduh untuk diciptakan obat.

Khasiatnya apa saja? Dikabarkan dari merdeka.com, konon sarang semut berkhasiat untuk meningkatkan stamina, menyelesaikan benjolan payudara, menyelesaikan ambeien, melancarkan menstruasi, mengobati kanker, penyakit jantung, rematik, dan menyelesaikan migrain.

Bisa dicoba untuk Teman yang sedang mengalami keluhan-keluhan di atas.

Sagu Lempeng

Teman khas Papua memang kaya akan makanan yang berkaitan dengan sagu. Selain papeda yang sudah cukup diketahui, dan ulat sagu yang ekstrim, ada lagi olahan sagu lain yang wajib dicicipi. Namanya, sagu lempeng.

Teman yang satu ini sistem pengolahannya mirip roti, makanya acap kali dianggap rotinya masyarakat Papua. Hanya saja, teksturnya memang lebih keras. Wujudnya bahkan seperti lempengan. Biasanya, sagu lempeng dinikmati bersama teh atau kopi dengan sistem dicelupkan agar sedikit melunak. Paling sedap disantap ketika masih hangat.

Berbeda dengan makanan yang lain, sagu lempeng mungkin akan sedikit susah untuk dicari. Sebab di Papua sana, hidangan ini menjadi makanan konsumsi keluarga.

Apabila memang berminat, Teman mungkin dapat tanya penduduk di sana ketika berkunjung, ya.

Krupuk Keladi

Mencari cemilan untuk dimakan sendiri atau diciptakan oleh-oleh? Krupuk keladi dapat jadi pilihan.

Layak dengan namanya, kerupuk ini berasal dari umbi-umbian keladi. Biasanya makanan khas Papua yang satu ini dijual dengan tiga pilihan rasa, pedas, gurih, dan manis.

Teman yang satu ini ialah salah satu oleh-oleh khas Papua yang amat populer. Teman tak akan susah menemukannya jika berkunjung ke Papua. Krupuk keladi dapat ditemukan di kios oleh-oleh, pasar, supermarket, airport, hingga di sekitar pelabuhan.

Aunu Senebre

Tetapi makanan-makanan lain sebelumnya memiliki nama yang amat mencerminkan bahan atau formatnya, makanan khas Papua yang satu ini namanya terdengar sedikit asing; Aunu Senebre.

Tetapi, sebenarnya bahannya tak seasing itu di lidah. Aunu Senebre memiliki bahan dasar yang terdiri atas ikan teri dan nasi putih yang digoreng. Kedua bahan itu lalu dicampur dengan parutan kelapa dan irisan daun talas. Terakhir, seluruh bahan yang sudah tercampur dikukus hingga matang.

Wah, sudah pasti terbayang rasa gurih yang ketinggalan di dalam mulut dari ikan teri dan parutan kelapanya, ya, Teman. Dan jika Teman menyangka teksturnya akan kering karena kombinasi bahan-bahan yang diaplikasikan, karenanya salah besar. Tekstur makanan ini cukup berair.

Nah, umumnya aunu senebre ini dinikmati bersama papeda atau umbi-umbian. Teman dicoba, kan?

Eurimoo

Apa yang pertama terlintas di pikiran Teman ketika melihat gambarnya? Mirip jajanan pasar dari Jawa yang bulat-bulat berisi gula merah alias klepon? Apabila ya, Teman tak salah, kok!

Memang dari penampilan luarnya, mirip sekali. Tetapi jika sudah bicara bahan dasar, akan terlihat bedanya. Teman khas Papua yang satu ini terbuat dari pisang, tepung sagu, dan gula pasir.

Apabila klepon umumnya diisi gula merah, eurimoo tak demikian. Teman dalam kuenya kosong melompong.

Rasanya bagaimana? Teman tentu ada rasa manis dari bahan-bahan dasarnya, serta gurih dari parutan kelapa yang ditaburi di komponen luar. Teksturnya mirip dengan klepon juga, kenyal dan lembut.

Untuk Teman yang berminat mencoba, dapat menemukannya di acara adat seperti pernikahan atau khitanan.

Banyak makanan yang menarik untuk dicicipi, ya, Teman? Teman khas Papua memang memiliki keunikan tersendiri dan membikin penasaran.

Masih banyak hal menarik dan unik yang akan kami bahas dalam blog kami. Simak terus, ya!