Makanan Khas Vietnam: Resep Banh Xeo


Banh Xeo

Vietnam merupakan salah satu negara yang berada di kawasan Asia Tenggara, tepatnya di semenanjung Indo-china Asia Tenggara. Negara yang dikenal dengan sebutan Macan Asia Timur slot terpercaya server thailand ini terkenal dengan berbagai macam makan khasnya yang sangat menggugah selera setiap orang yang mencicipinya. salah satu makanan khasnya yakni Banh Xeo.

Banh Xeo ini merupakan salah satu masakan khas Vietnam yang mempunyai bentuk seperti pancake atau crepe yang terbuat dari tepung beras, air, dan bubuk kunyit. Bagi Anda yang ingin mencicipinya Anda bisa mebelinya di restoran vitnam yang ada di Indonesia atau juga Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan resep yang akan kami berikan berikut ini:

Resep Banh Xeo

Bahan:

  • 200 gr daging sapi sukiyaki
  • 200 gr udang kupas ukuran kecil
  • 200 gr tauge
  • 100 gr jamur kancing, iris tipis
  • 75 ml minyak sayur
  • 4 siung bawang putih, cincang kasar
  • 2 buah cabe merah, iris melintang tipis
  • 1 buah bawang Bombay, iris tipis
  • 1 sendok teh garam

Bahan Crepe:

  • 320 ml air
  • 250 gr tepung beras
  • 180 ml santan kental, dari 1 butir kelapa parut
  • 3 batang bawang daun, iris 3 cm
  • 1 sendok teh kunyit bubuk
  • ½ sendok teh garam

Bahan Pelengkap:

  • Daun mint
  • Daun selada keriting
  • Saus nouc cham

Cara Membuat:

  1. Panaskan 3 sendok makan minyak dalam wajan datar berdiameter 15 cm lalu tumis bawang Bombay dan bawang putih sampai bawang Bombay berwarna transparan.
  2. Masukkan cabe, daging sapi, udang, jamur dan garam. Angkat dan masukkan ke dalam adonan crepe.
  3. Panaskan kembali wajan datar di atas api sedang, tuang 75 ml santan. Goyangkan wajan untuk meratakan.
  4. Taruh tauge di tengah crepe. Kecilkan api, tutup wajan dan masak sampai matang serta renyah. Angkat dan lipat.
  5. Sajikan masakan banh xeo ini bersama pelengkap.

Nah, Banh Xeo sudah jadi dengan resep yang kami berikan, jangan lupa nikmati bersama kelurga. Selamat mecoba!

Bánh xèo adalah pancake goreng gurih Vietnam yang terbuat dari tepung beras, air, dan bubuk kunyit. Beberapa isian umum termasuk: daging babi, udang, bawang hijau potong dadu, kacang hijau, dan tauge. Bánh xèo juga disajikan dengan selada, mint, basil Thailand, dan mint ikan.

Hidangan ini juga populer di masakan Kamboja, di mana hidangan itu disebut បាញ់ឆែវ (paling sering ditransliterasikan sebagai banh chao). Banh chao Kamboja lebih mirip dengan gaya bánh xèo Vietnam selatan daripada gaya yang ada di Vietnam Tengah.

Ini memiliki kerak cokelat keemasan yang renyah, namun lembut. Dan bagian dalam bánh xèo diisi dengan rasa yang lezat: daging babi dan udang, serta taburan kacang hijau, bawang bombay, dan tauge.

Penikmat kerumunan ini adalah makanan panas langsung yang dibungkus dengan sayuran dan dicelupkan ke dalam saus beraroma . Bánh xèo Vietnam, sering disebut panekuk Vietnam, atau crêpes Vietnam, sangat cocok untuk makan malam bergaya keluarga dan Anda dapat menyiapkan adonan semalam sebelumnya. Mari kita mendesis!

Bánh xèo tampaknya dirancang untuk dimakan bersama keluarga. Adonan, bahan isian, dan sayurannya tidak rumit untuk disiapkan, tetapi tidak masuk akal untuk dibeli atau dibuat untuk dimakan sendiri.

Anda tidak hanya membeli 1/4 pon daging babi, 8 udang, atau membeli 1/4 kepala selada. Anda harus meningkatkan volume untuk membuat setiap langkah sepadan dengan persiapan dan bagi saya, makanan yang dibagikan jauh lebih menyenangkan.

Crepes ini membutuhkan sedikit waktu persiapan dan pengaturan, lalu Anda bisa terus melumpuhkan orang-orang ini lebih cepat daripada yang bisa dimakan orang.

Apa arti dari bánh xèo?

Tampilan dekat dari banh xeo yang renyah dalam wajan | HungryHuy.comClose-up banh xeo renyah dalam wajan | HungryHuy.com

Saya selalu menemukan nama bánh xèo menarik karena “xèo” mengacu pada suara mendesis yang dihasilkan saat Anda memasak adonan. Namanya secara umum berarti “kue mendesis”. Suaranya jauh lebih jelas saat adonan mengenai wajan panas, tapi inilah beberapa cuplikan dari seseorang yang mendesis karena panas (naikkan suaranya!):

Saya telah mendengar banyak orang menyebut bánh xèo sebagai “hidangan telur Vietnam” dan saya selalu membutuhkan waktu untuk mengetahui apa yang mereka bicarakan, sampai mereka menyebutkan bahwa isiannya berisi daging babi, udang, kacang hijau, tauge dan beberapa lainnya. bawang hijau.

Crepes ini berwarna kuning dan terlihat seperti telur dadar–tapi! Sebenarnya tidak ada telur di sini. Hanya bubuk kunyit yang mewarnainya menjadi kuning!

Menggunakan tepung terigu dan beras

Satu porsi banh xeo dengan saus ikan | HungryHuy.com Satu porsi banh xeo dengan saus ikan | HungryHuy.com

Telah menarik perhatian saya bahwa mengatakan “tepung terigu” menyebabkan banyak kebingungan pada resep wafel pandan saya , jadi mari kita perjelas untuk resep ini juga! Tepung terigu adalah apa yang telah Anda beli sepanjang hidup Anda untuk membuat kue dan roti, dan itulah yang oleh toko kelontong diberi label sebagai “tepung serba guna”. Kami menyebutnya tepung terigu di sini untuk membedakan dari tepung beras.

Bánh xèo tradisional mungkin dibuat hanya dengan tepung beras dan tanpa tepung terigu. Jika Anda ingin menggunakan yang tradisional, Anda dapat mengganti semua tepung terigu dalam resep dengan tepung beras saja dan itu akan berhasil. TETAPI…

Inilah mengapa Anda ingin menggunakan tepung terigu:

  • Itu membuat bánh xèo renyah dengan cara yang berbeda dan lebih baik menurut saya.
  • Ini membantu mengembangkan warna kecokelatan yang bagus saat renyah di wajan.
  • Dan jika Anda membuat adonan terlebih dahulu dan memanaskannya kembali, hasilnya akan lebih baik jika ada tepung terigu di dalamnya.

Memecahkan masalah adonan

Masalah paling umum dengan adonan adalah orang tidak membuatnya garing. Berikut adalah hal-hal utama yang harus diperiksa untuk memastikan bánh xèo renyah:

  • Timbang tepung Anda alih-alih menyendoknya. Ini memastikan resep diikuti secara akurat, dan tepung tambahan tidak ditambahkan karena kompresi yang disebabkan oleh penggunaan scooper.
  • Pastikan adonan tidak terlalu kental. Apakah Anda sudah mengukur berat tepung atau belum, periksa konsistensinya. Saat resep memanggil Anda, Anda menuangkan adonan ke dalam wajan panas, dan Anda memiringkannya, adonan akan mengalir dengan bebas dan tidak terasa seperti adonan pancake yang kental. Jika terlalu kental, encerkan wadah adonan dengan satu sendok makan air, aduk, lalu tes. Ulangi jika perlu.
  • Sesuaikan waktu memasak Anda. Waktu yang saya tambahkan di kartu resep adalah perkiraan yang cocok untuk saya, tetapi kompor setiap orang berbeda.
  • Kurangi jumlah langkah waktu memasak yang tertutup. Kadang-kadang jika langkah yang tertutup tutup ini berlangsung terlalu lama, kondensasi dapat menetes kembali ke dalam panci, membuat bánh xèo lebih sulit untuk digiling.
  • Tingkatkan jumlah waktu adonan matang pada langkah setelah tutupnya dilepas. Langkah terakhir ini terbuka, sehingga uap bisa keluar dan adonan bisa garing.
  • Tambahkan lebih banyak minyak. Selama langkah terakhir memasak tanpa penutup, tidak memiliki cukup minyak dapat mencegah kontak antara adonan dan wajan. Anda dapat mengolesi sedikit minyak lagi di sekitar tepinya jika menurut Anda itu tidak cukup garing.
  • Periksa kembali takaran air dan santan. Terlalu banyak santan dapat mencegah adonan menjadi garing.
  • Ganti air dengan air berkarbonasi. Untuk dorongan ekstra, ini bisa membantu. Ini tidak dimaksudkan untuk memperbaiki masalah lain yang harus dipertanggungjawabkan, namun dapat membantu dalam beberapa kasus.
  • Coba panci lain. Panci antilengket, atau baja karbon, atau besi tuang dengan lapisan bumbu yang baik akan bekerja dengan baik. Saya belum sepenuhnya mempersempitnya tentang mengapa beberapa panci gagal, tetapi saya kira yang menyebabkan masalah adalah yang terlalu ringan atau tidak mentransfer panas secara merata.

Cara makan bánh xèo

sepiring sayuran dan rempah-rempah untuk banh xeopiring sayuran dan rempah-rempah untuk banh xeo

Bánh xèo adalah makanan yang dimaksudkan untuk dimakan dengan tangan Anda. Anda akan selalu menemukan sepiring besar sayuran hijau dengan campuran herba.

  1. Potong atau patahkan sepotong kecil bánh xèo ukuran 2 gigitan. Ukuran gigitan tunggal terlalu kecil dan memakan waktu.
  2. Bungkus dengan selada berukuran sama. Anda bisa mengganti daun selada hijau dengan sawi dalam keadaan darurat karena rasanya juga enak.
  3. Tambahkan sedikit dari masing-masing herba. Mint adalah satu-satunya ramuan yang harus dimiliki dalam hidangan ini dengan ketumbar dan perilla Vietnam sebagai yang umum digunakan, yang harus Anda coba sumbernya jika Anda bisa! Menambahkan terlalu banyak dapat mengalahkan setiap gigitan, tetapi Anda harus memilih jalan Anda sendiri.
  4. Saus itu! Buatlah nước chấm atau saus celup Vietnam yang sangat beraroma untuk sentuhan penyedap dan bumbu akhir. Saya suka menyendok ini untuk kontrol maksimum dan sedikit kemungkinan saya memasukkan bahan ke dalam saus.

Penyimpanan dan kesegaran adonan

Jika Anda merawatnya, adonan ini akan tetap segar sekitar 4 hingga 6 hari setelah Anda membuatnya, jadi Anda bisa menikmati bánh xèo sepanjang minggu jika Anda mau!

Jika Anda hanya ingin membuatnya terlebih dahulu dan hanya mendinginkan adonan selama beberapa hari itu tidak apa-apa, pastikan itu dalam wadah kedap udara.

Namun, jika Anda berencana untuk memasak suatu hari nanti, dan menyimpan sisanya untuk hari lain, jaga agar wadah asli dan kumpulan adonan tetap bersih. Artinya, jangan memasukkan sendok, sendok, garpu bekas, atau apa pun ke dalam adonan. Akan lebih mudah jika Anda tinggal menuangkan adonan yang ingin digunakan ke dalam wadah terpisah agar adonan yang asli tidak tersentuh. Pastikan Anda mengaduk adonan sedikit sebelum membaginya sehingga semua bahan tercampur terlebih dahulu.

Untuk bánh xèo segar, Anda harus memasaknya sesuai pesanan! Rasanya jauh lebih enak dengan cara ini. Tapi tentu saja ini tidak selalu memungkinkan. Jika Anda tidak memiliki banyak adonan atau bahan yang tersisa untuk disimpan mentah, Anda dapat memasak crepes / panekuk, mendinginkannya, dan memanggangnya untuk dimakan di lain hari. Ketahuilah bahwa hasilnya tidak akan sebaik panas dari wajan.

Berlapis dan siap untuk dimakan banh xeo! | HungryHuy.comBerlapis dan siap untuk disantap banh xeo! | HungryHuy.com

Hidangan ini selalu menjadi suguhan bagi saya karena saya jarang memakannya. Ini juga merupakan pilihan yang luar biasa untuk memasak untuk grup karena harganya terjangkau. Anda dapat menghabiskan $20 untuk cukup crêpes / pancake untuk memuaskan 4-5 perut!

Bagaimana Anda mengucapkan bánh xèo?

Bánh xèo diucapkan sebagai “ban say-oh.” Ejaan fonetik hanya akan membuat Anda dekat, tetapi perlu mendengarnya diucapkan untuk mendapatkan intonasi yang tepat.

Bagaimana Anda membuat bánh xèo dari awal?

Bánh Xèo pada dasarnya adalah crêpe atau panekuk yang terbuat dari campuran dasar tepung beras, kunyit, dan santan, bersama dengan bahan lainnya. Isiannya meliputi udang, perut babi, dan tauge. Anda dapat mempelajari teknik terbaik untuk membuat crepes Vietnam ini menggunakan resep saya di atas.

Di mana saya bisa membeli tepung beras?

Saya biasanya mendapatkan tepung beras yang sudah jadi dalam kantong di toko bahan makanan Asia. Jika itu bukan pilihan bagi Anda, toko makanan kesehatan seperti Whole Foods menyediakannya. Sebagai upaya terakhir, Anda dapat membuatnya sendiri jika Anda memiliki blender yang bagus, tetapi kami akan menyimpannya untuk postingan lain.

Apa itu bánh xèo dalam Bahasa Inggris?

Xèo adalah onomatopoeia untuk suara mendesis saat adonan mengenai wajan panas, jadi bánh xèo secara longgar diterjemahkan menjadi “kue mendesis”.

Dari mana bánh xèo berasal?

Ada dua jenis bánh xèo. Gaya Vietnam tengah lebih kecil, dipecah-pecah, dan dibungkus dengan kertas nasi. Gaya bánh xèo yang lebih besar ini berasal dari Vietnam selatan dan dapat dibungkus dengan selada berdaun.

Baca Juga : https://www.srutatechnologies.com/resep-pad-thai-asli-thailand/