Makanan Khas Kota Serambi Mekah yang Jadi Surga Pecinta Kuliner


kuliner khas aceh

Mau jelajahi kulineran, jangan tanggung-tanggung, Sob. Sobat Pesona sanggup jadi berasal dari tempat paling ujung barat Indonesia, kota Seramoe Meukah – Aceh. Makanan khas aceh punyai cita rasa rempah dan metode matang yang khas juga. Berikut ini makanan khas aceh yang wajib menjadi list kulineran kamu:

1. Mie Aceh

Mie Aceh menjadi keliru satu ikon kuliner khas Aceh yang paling terkenal. Tersedia dalam dua varian, mie goreng Judi Bola Parlay dan mie kuah, makanan ini juga di sediakan bersama dengan berbagai pilihan topping. Topping favorit mie Aceh diantaranya kepiting, daging sapi, dan seafood.

Mie Aceh jadi lezat sebab manfaatkan perpaduan rempah kapulaga, jintan, kunyit, cabai merah, lada, bawang putih, dan daun seledri. Bakal lebih lengkap lagi terkecuali tersedia acar mentimun dan emping.

2. Kuah Masam Keu-Neung

Sobat Pesona yang suka makanan berkuah, kuah masam keu-neung adalah pilihan yang tepat. Kuah Masam Keu-Neung punyai kuah yang agak kekuningan dan punyai rasa pedas dan asam yang menyegarkan, hampir serupa serupa gulai asam pedeh. Bahan utama kuah masam keu-neung tersedia ikan, belimbing wuluh, asam sunti, dan cabe.

3. Kuah Sie Itek

Selain ikan, Aceh juga punyai makanan berasal dari daging itik. Hidangan itik khas Aceh ini juga punyai 2 varian, kuah sie itek merah dan kuah si itek putih. Versi sie itek putih hampir serupa bersama dengan opor Jawa. Di Aceh ini adalah menu yang selamanya tersedia di warung nasi (keude bu).

Kuah sie itek berwarna kuning kecoklatan kebanyakan disebut juga bersama dengan kuah matang kurma, padahal bahan-bahannya nggak manfaatkan kurma serupa sekali, Sob. Aroma gurih sedapnya berasal berasal dari daun kari dan pandan yang diikat di setiap potong itik yang dimasak.

Kuah sie itek apalagi katanya tersedia sekitar 12-20 type rempah yang dicampur pas masak. Rasa rempahnya sudah tentu kaya banget ya, Sob.

4. Rujak Aceh

Jika anda melacak hidangan yang menyegarkan, Rujak Aceh adalah jawabannya. Rujak Aceh terbuat berasal dari buah rumbia yang banyak ditemukan di Aceh, di sediakan bersama dengan saus rujak yang sangat khas dan bervariasi buah yang bakal buat semakin nikmat pas makannya.

5. Martabak Aceh

Sobat Pesona pingin camilan buat teman minum kopi? Ada Martabak Aceh yang sanggup menjadi pilihan menarik, nih. Martabak Aceh ini dibikin bersama dengan manfaatkan roti cane sebagai kulitnya dan punyai cita rasa gurih bersama dengan sedikit rasa pedas.

6. Kopi Sanger

Kalau anda penggemar kopi, wajib banget nyobain keliru satu kopi Sanger. Kopi sanger adalah perpaduan berasal dari kopi hitam yang dicampur bersama dengan susu kental manis, dan gula.

Cara membuatnya, kopi hitam disaring bersama dengan saringan bersifat kerucut yang kemudian ditarik ke atas seperti mengakibatkan teh. Walaupun dicampur susu dan gula, tapi rasa kopinya selamanya kuat dan nggak sangat manis. Ajib pasti, Sob.

7. Sayur Pliek U

Sayur Pliek U adalah makanan khas Aceh Barat. Hidangan berkuah seperti gulai dan berisi berbagai type sayuran yang banyak ditemukan di Aceh. Kuah Pliek ini melambangkan kekerabatan dan keberagaman masyarakat Aceh yang disatukan dalam sebuah hidangan. Sayangnya makanan ini jadi ada problem ditemuin, terkecuali terkecuali anda berkunjung ke hajatan orang Aceh, menu ini menjadi menu wajib.

8. Ayam Tangkap

Sobat Pesona sudah pernah nyobain makan Ayam Tangkap? Ayam Tangkap adalah hidangan khas Aceh yang terbuat berasal dari potongan ayam kampung yang digoreng.

Baca Juga : Anies: Saya Tak Setuju Pernikahan LGBT, Itu Harga Mati

Bedanya bersama dengan ayam goreng biasa, hidangan ini dibumbui daun pandan, daun kari, daun temurui atau daun salam koja. Ciri khas ayam ini tersedia di taburan cabai hijau dan daun temurui yang sudah digoreng kering.

Itu dia {beberapa|sebagian|lebih berasal dari satu} umpama makanan tradisional Aceh yang populer dan menggugah selera. Kalau anda ke Aceh, pastiin perut anda kenyang serupa kulineran khas Aceh ya, Sob