Makanan Khas Kalimantan Selatan Paling Ikonik

Kalimantan Selatan adalah salah satu provinsi di pulau Kalimantan yang kaya akan makanan khasnya. Salah satu kota terbesarnya, adalah Banjarmasin, juga acap kali dikunjungi wisatawan untuk bertamasya kuliner atau mencicipi makanan khas Kalimantan Selatan.

Kamu dapat menemukan beraneka kuliner khas di Kalimantan Selatan yang dipasarkan di pasar tradisional dan rumah makan. Jadi, kamu tak perlu menjelajahi cafe untuk wisata kuliner kali ini. Nah, supaya kamu tak linglung kami akan memberi saran sebagian kuliner khas Kalimantan Selatan yang dapat kamu coba!

Makanan Khas Kalimantan Selatan yang Lezat dan Menggiurkan
Berikut ini sebagian saran makanan khas Kalimantan Selatan yang dapat jadi referensi kamu. Yuk, simak!

1. Soto Banjar Bang Sangat

Alamat: Jl. Banua Anyar No. 6, Benua Anyar, Banjarmasin.
Jam Buka: 11.00 – 20.00 (jam operasional disesuaikan dengan hari libur khusus)
Harga: Rp. 20.000 – Rp. 30.000

Makanan khas Kalimantan Selatan yang pertama adalah Soto Banjar. Soto Banjar cukup berbeda dari sajian soto lainnya. Soto ini mempunyai cita rasa segar dengan kuah yang kaldu bening. Biasanya disamping soto juga disampaikan dengan sate ayam.

Dalam satu porsi Soto Banjar terdapat banyak isian spaceman slot seperti suwiran ayam, koya, perkedel kentang, telur rebus, dan taburan bawang goreng. Kecuali itu, ayam yang dipakai adalah ayam kampung yang digoreng layak selera.

Biasanya Soto Banjar disampaikan dengan lontong atau ketupat. Salah satu rumah makan yang menyampaikan soto banjar adalah Kios Soto Banjar Bang Sangat.

2. Dodol Kandangan Ibu St. Khadijah
Alamat: Jl. Ahmad Yani 71215 Bakarung Kalimantan Selatan.
Jam Buka: 24 jam
Harga: Rp. 15.000 – Rp. 35.000

Dodol Kandangan adalah salah satu kue khas Kalimantan Selatan yang cukup familiar. Nama Kandangan berasal dari nama kota yang berlokasi di kabupaten hulu sungai selatan. Banyak wisatawan membeli dodol Kandangan sebagai oleh-oleh khas dari Kalimantan Selatan, terutama di Banjarmasin.

Yang unik dari dodol Kandangan adalah teksturnya yang lebih legar, lembut, dan rasa manis yang ideal. Salah satu kios yang familiar dengan dodol Kandangannya adalah Dodol Kandangan Ibu St. Khadijah. Tersedia layanan offline dan online untuk semua orang di kios ini.

3. RM Lontong Orari

Alamat: Jl. Seberang Masjid Banjarmasin.
Jam Buka: 11.00 – 20.00
Harga: Rp. 10.000 – Rp. 20.000

Kamu juga dapat mencoba lontong Orari. Lontong Orari adalah makanan khas Banjarmasin yang acap kali dibuat santapan pagi, siang, dan malam oleh warga lokal. Ini adalah makanan berkuah gurih yang tampilan fisiknya hampir sama dengan Lontong Sayur. Hanya saja lontong yang dipakai berbentuk segitiga.

Kecuali itu, Lontong orari disantap dengan lauk seperti ikan haruan, ayam, kacang goreng, dan telur. Salah satu rumah makan yang menyediakan lontong orari adalah RM Lontong Orari. Rumah makan ini senantiasa ramai oleh wisatawan ataupun warga lokal.

4. Sate Tulang
Alamat: Rumah Makan Borneo, Banjarmasin.
Jam Buka: 11.00 – 22.00
Harga: Rp. 3.000 per tikam

Anjuran makanan khas lainnya adalah Sate Tulang. Ini amat layak bagi kamu yang menyukai anek Sate dari beraneka tempat. Satu tulang ini menggunakan daging ayam pada bagian yang biasanya tak dibuat sate.