Makanan Kantin Favorit Orang Jerman Adalah Currywurst


Currywurst

Orang Jerman suka makan sosis. Apalagi kalau disajikan dengan saos berwarna kemerahan dan kentang goreng. Menurut studi terbaru, fakta ini tidak berubah sejak lebih dari seperempat abad.

“Currywurst” – sosis panjang dan tebal dengan saus kemerahan dan ditaburi dengan lada curry – masih jadi makanan favorit di kantin-kantin Jerman.

Apetito, sebuah perusahaan katering dari negara bagian barat Jerman, Nordrhein Westfalen, menerbitkan edisi 2017 dari analisis tahunannya tentang popularitas makanan di kantin-kantin Jerman.

Currywurst dengan kentang goreng mempertahankan peringkat nomor satu selama 26 tahun berturut-turut. Schnitzel tradisional dengan kentang goreng menempati posisi kedua, dan spaghetti bolognese mempertahankan tempat ketiga dari tahun lalu.

Selera konservatif

Anak-anak di sekolah dan taman nighthawkrottweilers.com kanak-kanak menyukai sup tomat dengan nasi dan bola daging, diikuti oleh ravioli berisi sayuran. “Anak-anak dan remaja suka variasi,” kata Apetito.

Sementara di kantin-kantin panti jompo, seleranya jauh lebih konservatif. Mereka lebih menyukai makanan berat seperti roulade daging sapi dengan kentang rebus dan kubis merah.

Makan lebih sehat

Tetapi Susanne Leitzen, seorang ahli dari Asosiasi Gizi Jerman (DGE), memperingatkan agar tidak mengkonsumsi jenis makanan yang terlalu berat untuk makan siang.

“Kita bisa lebih sehat dengan makanan yang sebagian besar terdiri dari sayuran dan karbohidrat kompleks”, katanya.

Menurut DGE, dua pertiga pria dan separuh wanita di Jerman kelebihan berat badan, sementara seperempat orang dewasa sangat kelebihan berat badan.

Currywurst adalah salah satu makanan yang populer sekali dari negara Jerman. Makanan yang satu ini bisa dinikmati oleh berbagai kalangan karena selain rasanya enak, harganya pun bersahabat. Bumbu kari makanan ini cocok bagi lidah orang Jerman.

Currywurst di dalam bahasa Jerman mempunyai arti sosis kari. Masakan Jerman dengan bahan utamanya adalah sosis daging yang dipotong tipis-tipis. Lalu dipadukan dengan bumbu kari yang lezat.

Nah, Currywurst biasanya disajikan bersama dengan gulungan roti atau kentang goreng.

Nah, untuk Anda yang belum pernah makan atau sekedar mencicipi makanan yang satu ini, tenang saja, Anda tak perlu jauh-jauh pergi ke negara Jerman untuk bisa menikmati Currywurst. Karena kali ini, di artikel berikut akan membahas dan membagikan resep Currywurst homemade yang rasanya lezat dan enak untuk Anda. Yuk langsung saja simak!

Resep ini untuk 6 porsi Currywurst

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

  1. 6 buah sosis daging, potong sesuai selera
  2. 1 kg kentang, kupas dan potong dadu 2 cm, setelahnya rebus sampai matang
  3. 200 gram selada bokor, diiris selebar 1 cm
  4. 2 sdm minyak, untuk menumis
  5. ½ sdt garam
  6. Saus Salad:
  7. 175 ml mayones
  8. 4 sdm bawang bombay, dicincang halus
  9. 2 sdm gula pasir
  10. 1 sdm peterseli cincang
  11. 1/2 sdm air jeruk lemon
  12. 1/2 sdt merica bubuk
  13. 1/2 sdt garam

Saus Tomat Kari:

  1. 8 sdm saus tomat, siap pakai
  2. 2 sdm saus cabai, siap pakai
  3. 2 sdm bawang bombay, dicincang halus
  4. 1 sdm minyak
  5. 1 sdt merica bubuk
  6. 1 sdt gula pasir
  7. 1/2 sdt kari bubuk

Taburan:

  1. 2 sdt bubuk kari

Cara Buat Currywurst:

  • Saus salad: Aduk bawang bombay bersama dengan air jeruk lemon. Diamkan sampai bawang menjadi layu.
  • Campurkan mayones, garam, merica, gula, lalu aduk rata.
  • Tambahkan peterseli cincang, kemudian aduk rata.
  • Campurkan kentang rebus, saus salad, dan daun selada bokor. Simpan sementara di dalam lemari pendingin.
  • Saus tomat kari: panaskan minyak, kemudian tumis bawang bombay sampai layu. Masukkan saus sambal, saus tomat, kari bubuk, merica, lalu aduk rata. Masak sebentar dan angkat. Sisihkan.
  • Panaskan minyak di wajan dadar. Goreng sosis sampai matang. Angkat dan tiriskan. Setelah itu potong sosis melintang 1 cm.
  • Sajikan sosis bersama dengan salad, saus tomat kari, dan atasnya dibubuhi kari bubuk.

Baca Juga : https://www.srutatechnologies.com/frites-kentang-goreng-dengan-rasa-beragam/