Kuliner Unik di Indonesia yang Wajib Kamu Coba


Nasi Kentut

Kuliner Unik Indonesia- Selain dikenal dengan suku dan budayanya yang beragam, Indonesia juga memiliki ragam kuliner yang nggak kalah uniknya dengan negara lain.

Sebagai negara yang kaya dengan rempah- rempah, tentu tidaklah heran jika Indonesia memiliki jenis masakan yang lezat dan unik. Mulai dari Sabang sampai Merauke, seluruh daerah punya jenis masakan unik yang khas dengan cita rasanya masing- masing.

Nah, ini dia daftar kuliner unik di Indonesia yang telah kami rangkum untuk destinasi wisata kuliner kamu berikutnya. Simak terus ya!

Kuliner Unik di Indonesia

1. Ampiang Dadiah

Makanan khas Sumatera Barat ini merupakan salah satu makanan unik yang sanggup kamu temukan di Indonesia. Kuliner unik khas Indonesia ini terdiri berasal dari ampiang dan dadih. depo 10k Ampiang sendiri merupakan pangan yang terbuat berasal dari beras ketan dan ditumbuk, sedang dadih adalah susu kerbau yang difermentasi.

Dadih ini diolah bersama dengan cara tradisional khas Minangkabau, yakni disimpan didalam potongan bambu dan disimpan sepanjang lebih dari satu malam. Campuran ampiang dan dadih selanjutnya disediakan didalam satu mangkok yang lengkap bersama dengan es serut. Rasa makanan unik satu ini sangat fresh dan manis karena mempunyai kadar santan dan gula merah.

2. Gulai Siput

Mendengar kuliner gulai ayam sih udah biasa, tapi pernahkah kamu mencicipi gulai siput? Siput atau keong merupakan hama padi yang kerap dijadikan pakan bebek. Tapi, siapa yang menyangka jika hewan yang satu ini ternyata sanggup diolah jadi masakan unik lezat.

Sedikit tidak serupa bersama dengan keong, siput mempunyai ukuran yang lebih kecil dan rasanya gurih. Di kawasan Tanjung Pinang, Kepulauan Riau, olahan kuliner unik satu ini cukup populer.

3. Tempoyak

Penggemar durian wajib banget cobalah makanan unik di Indonesia yang satu ini. Pasalnya, tempoyak merupakan kuliner yang terbuat berasal dari durian masak dan sesudah itu difermentasi. Makanan unik yang satu ini cukup kondang di tempat Bengkulu, Palembang, Lampung, dan Jambi. Selain itu, kuliner unik khas Indonesia ini juga sanggup kamu temukan di Kalimantan Barat.

Untuk membawa dampak tempoyak, durian yang udah dilumuri garam sesudah itu disimpan didalam wadah tertutup sepanjang 3 sampai 5 hari. Tempoyak yang udah difermentasi sanggup diolah jadi sambal bersama dengan campuran ayam atau udang, pepes, atau disantap bersama dengan pindang. Rasanya unik dan mempunyai rasa asam yang berasal berasal dari sistem fermentasi.

4. Nasi Kucing

Tenang aja, nggak tersedia seekor kucing pun yang teraniaya didalam membawa dampak kuliner unik khas Indonesia selanjutnya ini kok. Dinamakan nasi kucing bukan karena tersedia daging kucing di didalam makanan ini, tapi karena porsinya sedikit layaknya makanan untuk kucing.

Nasi kucing disediakan bersama dengan cara dibungkus didalam daun pisang bersama dengan topping yang berbeda-beda, mulai berasal dari tempe orek sampai ikan teri. Bukan cuma harganya yang murah, kuliner unik yang kondang di Yogyakarta, Solo, dan Semarang ini sanggup dinikmati bersama dengan berbagai macam lauk-pauk bersifat sate yang bebas kita pilih.

5. Kue Dollar

Bentuknya yang bundar dan pipih sama sekali bersama dengan koin zaman dahulu. Itulah mengapa kue selanjutnya dinamakan kue dollar. Kuliner unik asal Indonesia selanjutnya ini wajib banget kamu cobalah waktu datang ke kota Surabaya.

Kue berbahan dasar terigu dan telur ini dicetak pipih memakai cetakan yang terbuat berasal dari aluminium. Mulanya, kue dollar cuma mempunyai rasa yang gurih. Namun sekarang terdapat banyak sekali varian rasa, mulai berasal dari keju, wijen, sampai coklat.

Baca Juga: https://www.srutatechnologies.com/street-food-afrika-selatan-yang-menggugah-selera/

6. Bir Pletok

Jangan salah kaprah waktu mendengar nama kuliner unik di Indonesia yang satu ini ya. Meski namanya bir pletok, tapi minuman ini sama sekali tidak punya kandungan alkohol. Bir Pletok merupakan kuliner khas Betawi yang dikonsumsi untuk menghangatkan badan.

Komposisi minuman unik khas Indonesia ini adalah bahan-bahan yang alami, layaknya jahe, serai, daun pandan, dan kayu secang. Setelah direbus bersama dengan air dan berubah warna, bir pletok sesudah itu dicampurkan bersama dengan gula aren untuk beri tambahan rasa manis.

7. Kerupuk Melarat

Kerupuk udah jadi andalan penduduk Indonesia untuk dinikmati bersama dengan berbagai type lauk-pauk. Nggak heran jika Indonesia mempunyai banyak variasi type kerupuk yang unik-unik, salah satunya kerupuk melarat khas Cirebon ini.

Dinamakan kerupuk melarat karena kuliner unik asal Indonesia ini nggak digoreng memakai minyak, melainkan memakai pasir panas yang udah dibersihkan khususnya dahulu. Pasir pun dijadikan opsi untuk memasak kerupuk ini karena harga minyak yang dulunya tetap tinggi. Tertarik mencicipi makanan unik asal Indonesia satu ini?

8. Nasi Kentut

Dilihat berasal dari namanya saja, nasi kentut ini udah sangat unik. Menu makanan khas Medan ini nyaris sama bersama dengan nasi kucing. Tapi, nasi ini nggak dibungkus bersama dengan daun pisang, melainkan bersama dengan daun kentut.

Aroma yang berasal berasal dari daun kentut beri tambahan aroma yang khas dan sanggup menunjang melancarkan pencernaan loh. Makanan unik di Indonesia satu ini biasa dinikmati bersama dengan berbagai macam lauk pauk layaknya ikan pepes, ayam goreng, paham atau tempe goreng, dan sambal.

9. Botok Tawon

Kuliner unik asal Indonesia selanjutnya sanggup kamu temukan di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Di daerah-daerah tersebut, sarang tawon atau lebah biasa dikonsumsi dan diolah jadi masakan yang menyehatkan karena tinggi protein dan dikenal bersama dengan nama Botok Tawon. Masakan unik khas Indonesia ini disempurnakan bersama dengan daging kelapa muda dan petai cina. Rasanya gurih, nikmat, dan cocok dikonsumsi bersama dengan bersama dengan nasi putih.

10. Sate Kere

Kalau sate biasa diolah memakai daging sapi atau ayam, sate kere nggak memakai keduanya. Makanan unik asal Solo yang satu ini terbuat berasal dari potongan tempe gambus atau sejenis tempe yang terbuat berasal dari ampas tahu.

Maka berasal dari itu, kuliner unik di Indonesia selanjutnya ini dinamakan sate kere alias sate miskin. Selain berasal dari tempe gambus, sate kere juga umumnya dibuat berasal dari jeroan sapi, layaknya paru atau usus.

Itulah lebih dari satu wejangan kuliner unik di Indonesia yang sanggup kamu temui di berbagai daerah. Sebagai negara yang kaya akan rempah-rempah dan bahan masakan melimpah, tentu nggak heran dong jika Indonesia mempunyai type masakan yang unik-unik.