Kuliner Khas Manado dari Pedas hingga Manis, Pernah Coba?

Kuliner khas Manado miliki cita rasa yang beragam. Banyak makanan khas Manado yang miliki rasa yang eksotik dan menggugah selera.
Manado merupakan keliru satu surga kuliner yang ada di Indonesia. Bahkan, julukan Manado adalah Kota Tinutuan, yang tidak lain adalah keliru satu nama makanan khasnya.
Banyak sekali kuliner khas Manado yang telah dikenal di Nusantara, diantaranya ayam rica-rica dan bubur Manado. Berbagai style kuliner khas Manado lainnya termasuk patut dicoba, merasa dari makanan berat hingga makanan ringan.
Kuliner khas Manado memang kondang dengan cita rasa pedas, tetapi ada beberapa kuliner termasuk tawarkan rasa manis yang khas.
1. Tinutuan
Kuliner khas Manado yang paling terkena adalah Tinutuan atau biasa disebut Bubur Manado. Berbeda dengan bubur pada umumnya, Tinutuan dibuat dengan bahan dan langkah pengolahan khas penduduk Manado.
Sajian ini terbuat dari beras, jagung, labu spaceman slot kuning, dan juga sayuran hijau. Biasanya, Tinutuan disajikan sebagai menu sarapan.
Tinutuan biasa disajikan dengan ikan asin, perkedel nike, perkedel jagung, dan sambal roa. Selain itu termasuk ada beberapa penduduk Manado yang memadukan tinutuan dengan mie atau sup brenebon kacang merah.
2. Ayam Woku Belanga
Kuliner khas Manado sesudah itu adalah ayam woku belanga. Ayam dengan olahan khas Manado ini miliki cita rasa pedas gurih.
Woku pada makanan ini merujuk pada bumbu masakan khas Manado yang mempunyai cita rasa tinggi. Rempah yang digunakan pada masakan ini memadai banyak diantaranya cabai merah, cabai hijau, bawang merah, bawang putih, jahe, serai, kunyit, daun jeruk, daun kunyit, daun kemangi, daun pandan, daun bawang, tomat, dan air perasan jeruk nipis.
Meskipun pakai bumbu memadai banyak, ayam woku belanga tidak perlu saat matang yang lama. Ayam woku belanga mempunyai dua versi, sanggup dibuat berkuah kental ataupun dibuat encer.
3. Pampis
Pampis merupakan kuliner khas Manado yang terbuat dari suiran daging ikan. Biasanya penduduk Manado pakai ikan calang untuk memicu Pampis.
Tetapi kuliner khas Manado ini termasuk sanggup dibuat pakai ikan lainnya yang miliki daging tebal, seperti ikan tongkol. Suwiran ikan diberi bumbu khas Manado supaya miliki cita rasa yang gurih.
Pampis sanggup dimakan segera sebagai lauk, tak hanya itu termasuk sanggup jadi isian seperti lemper atau panada.
4. Nasi Kuning Khas Manado
Nasi kuning khas Manado berlainan dengan yang umumnya ditemui. Nasi kuning khas Manado memakai ragam lauk yang khas Manado.
Karena Manado kondang dengan hasil lautnya yang melimpah, lauk nasi kuningnya pakai olahan ikan cakalang. Selain lauk ikan cakalang, ada termasuk lauk kering talas (bete) atau ubi, bihun goreng, telur rebus, dan sambal roa yang pedas menyengat.