Kentang Goreng, sejarah Cemilan dari Belgia


Kentang Goreng

Siapa yang tidak tahu camilan yang satu ini? Camilan yang biasa kamu beli dan hampir ada di setiap warung. Ya, camilan ini adalah kentang goreng atau French Fries. Makanan ringan ini adalah camilan favorit yang biasa di pesan sebagian orang ketika sedang nongkrong, mengerjakan tugas, atau menonton film. Makanan yang berbahan dasar kentang ini memiliki harga yang terjangkau dan bisa disajikan dengan saos.

Sejarah Asal Usul

Kentang goreng memiliki manfaat untuk menahan rasa lapar sehingga kamu bisa tidak memakan nasi terlebih dahulu karena kandungan kalori yang ada pada kentang ini hampir sama dengan nasi yang akan membuat kamu kenyang.

Dikutip dari buku Aneka Makanan di Era-Millenial: Sejarah, Fakta dan Resep karya Siti Nur Aidah dan Tim Penerbit KBM Indonesia (2021: 45), Selama ini mungkin banyak orang tahu kentang goreng berasal dari Perancis karena itu kerap disebut French fries. Tapi tahu tidak kalau kentang goreng itu sebenarnya bukan berasal dari Perancis?

slot777 login berasal dari Belgia karena awalnya diperkenalkan di Belgia sekitar tahun 1600 dan masih terus dinikmati hingga saat ini oleh seluruh kalangan masyarakat. Jika mengunjungi Belgia, kamu bisa dengan mudah menemukan gerai penjual atau yang kerap disebut dengan Frietkot di setiap sudut kota. Kamu dapat menikmati camilan yang telah menjadi warisan budaya Belgia ini.

Awalnya penduduk desa Namur, Belgia menggoreng ikan karena lokasinya yang dekat dengan Sungai Meuse. Namun, pada tahun 1680 Sungai Meuse membeku akibat musim dingin yang berkepanjangan hingga akhirnya memutuskan untuk mencoba umbi-umbian dan dipilihlah kentang.

Untuk menjaga budaya kentang goreng Belgia, Pangeran Laurent dari Belgia secara resmi menobatkan James Bint sebagai duta budaya Belgia di seluruh dunia pada tahun 2017. Bint berjanji untuk memastikan bahwa kentang goreng Belgia akan menjadi nomor satu.