Hidangan Khas Batam Mulai Dari Seafood Dan Kuliner Lainnya


kuliner seafood khas batam

Batam, sebagai pulau yang terletak di perairan Selat Malaka, memiliki beragam kuliner seafood yang lezat dan khas. Beberapa kuliner seafood yang populer di Batam.

Kuliner Seafood

Gonggong

Gonggong adalah kerang situs judi bola terpercaya laut yang biasanya dimasak dengan cara dipanggang atau direbus. Di Batam, gonggong sering diolah dengan bumbu pedas dan disajikan sebagai camilan yang lezat.

Kepiting Saus Padang

Kepiting saus Padang adalah hidangan seafood yang terdiri dari kepiting yang dimasak dengan saus pedas khas Padang. Hidangan ini biasanya disajikan dalam ukuran besar dan cocok dinikmati bersama keluarga atau teman-teman.

Ikan Bakar

Ikan bakar adalah hidangan klasik Indonesia yang juga populer di Batam. Ikan segar dibumbui dengan rempah-rempah, kemudian dipanggang atau dibakar. Hidangan ini biasanya disajikan dengan sambal dan nasi.

Udang Galah Bakar Madu

Udang galah, yang merupakan jenis udang besar, sering diolah dengan cara dipanggang atau dibakar dengan saus madu yang memberikan rasa manis gurih khas.

Sotong Kangkung

Sotong kangkung adalah hidangan yang terdiri dari sotong dan kangkung yang direbus atau dipanggang, kemudian disajikan dengan saus kacang atau saus pedas.

Lobster Saus Telur Asin

Lobster sering dihidangkan dengan saus telur asin yang kaya rasa. Lobster ini bisa dipanggang, digoreng, atau diolah dengan berbagai cara sesuai selera.

Kerang Hijau

Kerang hijau sering diolah menjadi hidangan lezat seperti kerang hijau saus tiram atau kerang hijau saus padang. Hidangan ini memiliki cita rasa yang gurih dan lezat.

Cumi Asam Manis

Cumi asam manis adalah hidangan seafood yang terdiri dari cumi-cumi yang dimasak dengan saus asam manis. Hidangan ini memberikan kombinasi rasa yang segar dan menyegarkan.

Ketam Bumbu Mentega

Ketam yang dimasak dengan bumbu mentega memberikan cita rasa gurih dan creamy yang lezat. Hidangan ini sering disajikan dengan saus mentega yang kaya rasa.

Udang Telur Asin

Udang yang dimasak dengan saus telur asin menjadi hidangan yang kaya rasa. Udang ini dapat dipanggang atau digoreng sesuai selera.

Kuliner seafood di Batam menawarkan beragam pilihan yang menggoda selera, dan kebanyakan dari mereka dapat dinikmati di restoran-restoran khusus seafood di pulau ini.

Kuliner Lain Selain Seafood

Batam memiliki keanekaragaman kuliner yang mencerminkan campuran budaya dan tradisi dari berbagai daerah di Indonesia. Berikut beberapa makanan khas Batam yang populer:

Mie Tarempa

Mie Tarempa adalah hidangan mie khas Batam yang diolah dengan menggunakan mie kuning dan diberi bumbu khas, seperti kecap manis, daging ayam, sayuran, dan telur. Hidangan ini memiliki cita rasa yang khas dan lezat.

Laksa Melayu

Laksa Melayu Batam adalah versi laksa yang khas di Batam. Kuahnya yang kental dan beraroma lezat disajikan dengan mie, daging ayam, udang, telur rebus, dan tauge.

Sate Kijang

Sate Kijang adalah hidangan sate yang terbuat dari daging kijang. Dagingnya dipotong kecil-kecil, ditusuk, dan kemudian dipanggang. Sate Kijang sering disajikan dengan bumbu kacang yang lezat.

Soto Batam

Soto Batam adalah hidangan soto khas Batam yang terdiri dari kuah kaldu ayam yang gurih, disajikan dengan mie, tauge, telur rebus, dan potongan daging ayam.

Kue Lapis Legit

Meskipun tidak khusus dari Batam, kue lapis legit adalah salah satu kue tradisional Indonesia yang populer di sana. Kue ini terbuat dari lapisan-lapisan yang tipis dan lembut, biasanya terdiri dari banyak telur, mentega, dan rempah-rempah.

Martabak

Martabak adalah camilan yang terbuat dari adonan tepung yang digoreng dan diisi dengan campuran telur, daging cincang, dan bumbu rempah. Ada dua jenis martabak: martabak telur dan martabak manis.

Baca Juga : Daftar Masakan Khas Indonesa dari Olahan Daging Kambing

Inilah beberapa contoh makanan khas Batam yang mencerminkan keanekaragaman kuliner Indonesia. Setiap hidangan memiliki cita rasa yang unik dan memberikan pengalaman kuliner yang berbeda.