Daftar Masakan Khas Indonesa dari Olahan Daging Kambing


kuliner olahan daging kambing khas indonesia

Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah sejenak lagi akan tiba dan Bermacam-macam masakan olahan daging kambing banyak dicari. Untuk memperingatinya, biasanya seluruh umat Muslim di dunia melaksanakan tradisi penyembelihan hewan qurban.

Binatang qurban ini bisa berupa kambing, sapi ataupun domba . Istiadat ini dilakukan sebagai peristiwa untuk berbagi dengan sesama, karena biasanya hasil dari daging qurban ini dibagikan untuk orang yang memerlukan. Selain itu, peristiwa Idul Adha juga tak jarang dijadikan ajang berkumpul bersama keluarga dan kerabat.

Di Indonesia, Hari Raya Idul Adha senantiasa identik dengan sajian daging kambing dan daging sapi. Kebanyakan keluarga di Indonesia berkumpul bersama untuk menyantap hidangan olahan daging. Tak hanya itu, banyak keluarga yang memilih untuk mengolah daging yang didapatkan bersama-sama, apalagi jikalau daging yang mereka peroleh cukup banyak.

Untuk itulah, dari sekarang kau sudah semestinya mulai mempersiapkan aneka hidangan khas yang berbahan dasar daging kambing, daging domba ataupun daging sapi sebagai sajian Idul Adha nantinya.

Nah, daripada keder untuk memilih menu masakan apalagi kalo kau mendapatkan banyak sekali daging, secara khusus daging kambing, Ide masakan dari daging kambing berikut bisa kau olah ketika Hari Raya Idul Adha nanti.

1. Sate Kambing

Sate Kambing yakni menu semestinya yang semestinya ada ketika Idul Adha. Selain karena rasanya yang lezat, metode membuatnya pun cukup mudah dan kencang. Pun siapa saja bisa dengan mudah memasak sate kambing ini.

Sate kambing juga bisa dinikmati oleh seluruh kalangan, mulai dari buah hati-buah hati sampai orang dewasa. Kamu hanya perlu menyiapkan potongan daging kambing yang sudah dicuci bersih, beberapa bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kecap manis, gula merah dan garam secukupnya. Lalu, daging ditusuk dengan menerapkan lidi untuk kemudian dibakar.

2. Gulai Kambing

Buat kau yang suka makanan berkuah encer, Gulai Kambing ini bisa jadi sajian khas Idul Adha yang semestinya ada. Gulai kambing juga tak jarang dipasangkan dengan sate kambing yang lezat.

Progres pembuatannya yang mudah dan bumbunya tidak terlalu rumit pun membikin menu ini menjadi unggulan. Bumbu rempahnya yang sedap pastinya mampu membikin nafsu makan kian meningkat.

3. Rendang Kambing

Rendang yakni salah satu menu unggulan banyak orang. Jika biasanya kau makan rendang dengan menerapkan daging sapi, kali ini cobalah untuk membikin rendang dengan daging kambing. Rasanya yang sangat khas dengan bumbu kental ini sangat cocok jikalau dipersembahkan ketika Idul Adha.

Masakan khas Minangkabau ini memang memerlukan waktu yang cukup lama untuk mengolahnya, mulai dari berjam-jam sampai berminggu-minggu. Dengan cara kerja memasak yang cukup lama tersebut, pastinya mampu mewujudkan rasa rendang yang luar biasa lezatnya. Untuk itu, tidak ada salahnya untuk mengolah daging kambingmu sebagai rendang yang lezat.

4. Tongseng Kambing

Hidangan khas Jawa Tengah ini juga bisa jadi opsi menu untuk merayakan Idul Adha nanti. Berbeda dengan Gulai Kambing yang mempunyai kuah encer, Tongseng Kambing punya kuah yang cenderung kental.

Bahan yang digunakan pun hampir sama dengan Gulai Kambing, yakni campuran garam, bawang putih, kecap dan lada, hanya saja Tongseng diberikan tambahan sayuran kubis dan tomat merah. Tongseng juga biasanya menerapkan daging yang masih menempel pada tulangnya. Jadi pastikan kau menyiapkan daging kambing dengan iganya ya untuk membikin tongseng kambing.

5. Sup Daging Kambing

Jika kau sudah bosan dengan olahan Gulai Kambing ataupun Tongseng Kambing yang demikian itu-demikian itu saja, tidak ada salahnya jikalau kalian mencoba menu yang satu ini.

Umumnya sup menerapkan bahan daging sapi ataupun daging ayam, namun tidak ada salahnya juga untuk menerapkan daging kambing sebagai bahan utama sup ini. Selain menerapkan daging kambingnya, kau juga bisa menambahkan komponen lain dari kambing seperti lidah, alat pendengaran gingga otak kambing.

Sup daging kambing ini pun bisa kau macam kuahnya, misalnya dengan kuah kental yang bercampur susu ataupun kuah kaldu yang encer, semuanya sedap dan bisa disesuaikan dengan selera kau. Sebagai bahan komplementernya, kau juga bisa tambahkan aneka sayuran seperti wortel.

Sup daging kambing ini rasanya sangat lezat, apalagi jikalau dipersembahkan ketika panas, akan kian menambah nafsu makan kau lho. Jangan lupa juga untuk dihidangkan berbarengan dengan nasi putih hangat.

6. Nasi Goreng Kambing

Selain sih yang tidak suka nasi goreng? Makanan khas Indonesia ini sangat mudah dijadikan dan dimodifikasi cocok selera. Selain untuk olahan sup ataupun sate, daging kambing yang ditumis dengan bumbu gulai pun bisa digunakan untuk membikin nasi goreng yang lezat lho.

Baca Juga : Daftar Kuliner Khas Solo Yang Sudah Melegenda Dan Lezat

Pakai mengolahnya yang sangat mudah dan bumbunya juga mudah ditemukan, seperti bawang merah, bawang putih, cabai dan merica. Padahal saja potongan daging yang lebih besar untuk ditumis, kemudian masak daging dan bumbu yang sudah disiapkan beserta nasi. Selain tanpa menerapkan minyak samin pun nasi goreng kambing ini akan konsisten terasa sedap ketika disantap.

7. Kari Kambing

Untuk kau yang suka olahan kambing dengan bumbu santan, tidak ada salahnya untuk mencoba sajian yang satu ini. Selain menerapkan daging ayam, kari juga bisa menerapkan daging kambing lho. Kamu hanya perlu menyiapkan daging kambing beserta iganya yang kemudian diolah dengan menerapkan beraneka-macam bumbu rempah, seperti cengkeh, lengkuas, jahe, bawang merah dan bawang putih.

8. Rica-rica Kambing

Untuk kau yang suka banget makanan pedas, rica-rica kambing semestinya hadir sebagai sajian menu Idul Adha nanti. Jika biasanya rica-rica menerapkan daging ayam, tidak ada salahnya kau mencoba untuk membikin rica-rica dengan bahan daging kambing. Menu olahan ini tidak memerlukan terlalu banyak bumbu khusus, hanya beberapa bumbu dasar seperti bawang merah, cabai merah, tomat merah dan jahe.

9. Tengkleng Kambing

Sajian khas Jawa Tengah lainnya kecuali Tongseng yakni Tengkleng. Tengkleng berasal dari Solo dan salah satu masakan olahan daging kambing. Bagian diperhatikan sekilas, tampilan tengkleng ini mirip dengan gulai kambing. Bedanya, kuah dari tengkleng ini sedikit lebih encer dibandingkan gulai. Tengkleng biasanya menerapkan tulang kambing yang mempunyai daging yang masih menempel. Pantas yang paling unggulan biasanya yakni tulang iga.

10. Kurma Aceh (Korma Kambing)

Melainkan namanya, masakan ini berasal dari tempat Aceh. Padahal masakan olahan daging kambing ini bukanlah masakan yang menerapkan bahan dasar buah kurma karena dalam masakan ini sama sekali tidak menerapkan buah kurma, namun daging kambing. Daging kambing yang biasa digunakan juga daging yang masih mempunyai tulang yang kemudian dipotong-potong.

Sekilas, masakan ini menonjol seperti kari karena sama-sama menerapkan santan. Selain bahan dasarnya menerapkan daging kambing, namun kau tidak perlu kuatir jikalau masakan ini akan berbau kambing karena menerapkan campuran bumbu rempah seperti ketumbar, jahe, adas, kayu manis dan kunyit, dimana seluruh bumbu rempah ini akan mewujudkan bebauan wangi yang khas dan bisa menghilangkan bebauan kambingnya. Kurma Aceh ini punya cita rasa yang gurih, sedikit pedas dan menghangatkan badan.