Apa Itu Kebab? Simak Penjelasan dan Resepnya di Sini


Kebab

Camilan adalah makanan ringan yang dimakan di antara waktu makan. Terkadang dimakan sebelum makan atau bisa juga sebelum makan. Camilan biasanya berupa makanan yang ukurannya tidak terlalu besar dan tidak terlalu mengenyangkan. Oleh karena itu camilan bisa dimakan sebelum makan makanan utama.

Sama halnya dengan makanan utama, camilan pada tiap daerah juga berbeda-beda bergantung pada daerah tersebut. Ada pula camilan yang khas dari daerah tersebut. Salah satunya adalah kebab. Camilan ini sangat populer di Indonesia namun nyatanya kebab tidak berasal dari Indonesia.

Apa Itu Kebab?

Apa itu kebab? Kebab adalah hidangan daging yang dimasak yang berasal dari Timur Tengah. Kebab terdiri dari daging yang dipotong atau digiling, terkadang dengan sayuran, dan berbagai pelengkap lainnya sesuai dengan resep tertentu. Meskipun kebab biasanya dimasak dengan tusuk sate di atas api, beberapa hidangan kebab dipanggang dalam wajan di dalam oven atau disiapkan sebagai rebusan seperti tas kebab. Daging tradisional untuk kebab paling sering adalah daging kambing atau domba, tetapi resep daerah mungkin termasuk daging sapi, kambing, ayam, ikan, dan terkadang babi.

Bahan-bahan:

  • 350 gr daging ayam giling
  • 2 sdm paprika cincang
  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • 1/2 bawang bombay ukuran sedang
  • 1 sdt ketumbar bubuk
  • 1/3 sdt jinten bubuk
  • Daun seledri
  • 2 sdt gula
  • 1 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt merica
  • 1/2 sdm minyak goreng

Bahan pelengkap:

  • Kulit kebab
  • Selada
  • Tomat
  • Tumisan bawang bombay dan cabai
  • Mayonaise
  • Saus tomat

Cara membuat:

  1. Campur semua bahan menjadi satu, pastikan semuanya tercampur rata
  2. Setelah itu diamkan 30 menit di freezer agar bumbu lebih meresap
  3. Lalu panggang di atas teflon dengan sedikit margarin, untuk ukurannya sesuai keinginan saja, masak hingga kedua sisi berwarna cokelat dan pastikan tengahnya matang, masak dengan api kecil.

Kebab adalah hidangan daging yang dimasak dengan asal-usul masakan Timur Tengah. Banyak varian yang populer di seluruh dunia.

Di sebagian besar negara berbahasa Inggris, kebab mungkin adalah shish kebab atau souvlaki klasik – kubus kecil daging yang dimasak dengan tusuk atau, di Amerika Utara yang lebih dikenal sebagai gyros sedangkan di luar Amerika Utara makanan cepat saji dikenal sebagai doner kebab. Sebaliknya, dalam bahasa Inggris India, Inggris Bangladesh, Inggris, Pakistan dan dalam bahasa-bahasa di Timur Tengah, bagian lain Asia, dan dunia Muslim, kebab adalah salah satu dari berbagai macam hidangan daging panggang. Beberapa hidangan yang pada akhirnya berasal dari kebab Timur Tengah mungkin memiliki nama yang berbeda dalam bahasa lokal mereka, seperti chuan Cina.

Kebab terdiri dari daging yang dipotong atau digiling, terkadang dengan sayuran, dan berbagai pelengkap lainnya sesuai dengan resep tertentu. Meskipun kebab biasanya dimasak dengan tusuk sate di atas api, beberapa hidangan kebab dipanggang dalam wajan di dalam oven atau disiapkan sebagai rebusan seperti tas kebab. Daging yang umum digunakan untuk kebab adalah daging kambing atau domba, tetapi resep beberapa daerah memungkinkan untuk menggunakan daging sapi, kambing, ayam, ikan, dan terkadang babi tetapi jarang digunakan karena larangan agama.

Nama kebab berasal dari bahasa Arab: kabab (کباب) yang awalnya berarti daging goreng, bukan daging panggang/bakar. Kata kabab kemungkinan berasal dari bahasa Aram: כבבא kabbābā yang mungkin berasal dari bahasa Akkadia: kabābu yang berarti “bakar, panggang”. Pada abad ke-14, kebab menjadi sinonim dengan tabahajah, hidangan berupa potongan daging goreng dalam bahasa Persia. Dalam buku-buku berbahasa Turki, istilah kebab sering dipakai untuk bola-bola daging yang dibuat dari daging ayam atau daging domba cincang. Istilah kebab baru berarti hidangan daging panggang (shish kebab) sejak zaman Kesultanan Utsmaniyah, tetapi masih ada istilah lain yang lebih kuno untuk daging panggang, yakni shiwa` (شواء ) asal bahasa Arab. Walaupun demikian, kebab masih dipakai dalam pengertian aslinya dalam berbagai hidangan seperti semur, misalnya tas kebab (kebab dalam mangkuk) dari Turki. Dalam masakan Mesir ada hidangan semur daging sapi dan bawang bombay yang disebut kebab halla.

Baca Juga : https://www.srutatechnologies.com/nasi-kebuli-kambing-arab-betawi/